Lebih dari 100 Startup Merah-Putih Bakal Hadiri Nexticorn International Convention

Nexticorn International Convention
Source: kominfo

Lebih dari 100 startup Indonesia direncanakan akan menghadiri ajang Nexticorn International Convention yang akan digelar pada tanggal 13 hingga 14 Oktober di Bali.

Next Indonesian International Convention merupakan ajang bertemunya perusahaan rintisan atau startup Indonesia dengan para pemilik modal.

Ajang Nexticorn International Convention yang digelar di Bali pada tanggal 13 Oktober mendatang merupakan ajang kedua yang digelar pada tahun ini. Sebelumnya, ajang yang sama telah digelar pada bulan Mei lalu.

Pemodal Ventura di Nexticorn International Convention 2018

Terdapat 105 startup lokal yang direncanakan akan mengikuti Nexticorn International Convention yang akan digelar di Bali pada akhir pekan ini. Sebagian besar diantaranya sudah memastikan diri untuk untuk hadir. Para startup tersebut merupakan hasil kurasi dari 1.700 startup yang ada di Indonesia.

Beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi untuk bisa mengikuti ajang Nexticorn International Convention di antaranya adalah perusahaan tersebut harus berbasis teknologi dan telah berbadan hukum (PT atau PMA). Selain itu, perusahaan memiliki pendanaan mandiri dengan jumlah tertentu atau telah mendapatkan pendanaan dari luar minimal sebesar US$100.000. Syarat lainnya adalah perusahaan harus memiliki setidaknya satu pemilik perusahaan berkewarganegaraan Indonesia dengan kepemilikan saham sebesar minimal 25%.

Dilansir Bisnis, jumlah pemodal ventura yang direncanakan akan hadir di ajang Nexticorn International Convention berjumlah 105. Sebagian besar di antaranya sudah memastikan diri untuk hadir. Jumlah tersebut lebih banyak dari jumlah pemodal ventura yang hadir pada ajang yang sama yang digelar sebelumnya. Di antara para pemodal yang nanti akan hadir adalah Temasek, Accel Partners, Yahoo! Japan Capital dan East Ventures.

Baca Juga: Sukses Jadi Unicorn Asia, Traveloka Mengincar Tiket Konser dan Amusement Park

Di ajang yang kali ini diberi tema ‘Voyage to Indonesia on Digital Paradise Weekend’ akan digelar meeting antara para startup Indonesia dengan para pemodal. Direncanakan akan ada 2000 meeting yang digelar, dengan durasi setiap meetingnya 20 hingga 30 menit.

“Nexticorn pertama kemarin kami hanya menargetkan 200 meeting ternyata requestnya ada 2.000 lebih, dari situ terealisasi 1.035 dan sampai sekarang sudah ada yang follow up 294. Kami harapkan makin bertambah lewat ajang sekarang,” papar Lis Sutjiati selaku Deputy Chairman for Nexticorn Strategy Formulation Coordination.

Ajang Nexticorn International Convention diharapkan dapat memfasilitasi perusahaan startup lokal untuk bertemu dengan pemodal. Di sisi lain, pemodal juga diharapkan dapat mendalami profil startup lebih jauh. Kendati demikian, ajang ini bukan merupakan upaya untuk menjadikan startup Indonesia dimiliki oleh pihak asing.

“Investor boleh dari luar, tetapi mereka tetap jadi startup merah putih. Ajang ini tidak diharapkan [membuat unicorn] jadi milik luar,” ujar Lis Sutjiati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here