Ini Tips Jitu Atasi Ngantuk saat Mengemudi

ngantuk saat mengemudi

Siapa saja tentu pernah merasakan ngantuk saat mengemudi. Kondisi tubuh yang lelah bisa membuat mata menjadi ngantuk. Rasa ngantuk ini tidak hanya muncul pada kalangan dewasa saja. Banyak anak muda yang sering merasa ngantuk ketika mengemudi. Padahal, kondisi ngantuk ini sangat berbahaya bagi nyawa seorang pengemudi. Kondisi mata yang mengantuk akan meningkatkan resiko kecelakaan. Oleh karena itu, ketika Anda merasa ngantuk saat mengemudi, sebaiknya cobalah beristirahat terlebih dahulu supaya tidak membahayakan diri Anda sendiri.

Namun, ketika Anda sudah memberikan stimulan pada tubuh tapi masih mudah mengantuk saat mengemudi, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan ngantuk saat mengemudi.

Tips Menghilangkan Ngantuk Saat Mengemudi

Sediakan Air Mineral

air mineralUntuk berjaga-jaga saat mengantuk, maka Anda perlu menyediakan air mineral di dalam mobil. Hal ini karena, air mineral sangat bermanfaat bagi tubuh Anda. Dehidrasi di dalam tubuh Anda akan menimbulkan rasa ngantuk. Maka dari itu, selalu sediakan air mineral di dalam mobil.

Membuka Sedikit Kaca Mobil

Membuka Kaca MobilKetika Anda mulai merasa ngantuk, cobalah untuk mematikan AC di dalam mobil dan buka kaca mobil sedikit. Ini akan memberikan Anda suasana berbeda karena dengan ada angin yang masuk, bisa membuat tubuh lebih segar dan rasa ngantuk pun bisa hilang. Sirkulasi udara di dalam mobil pun akan mengalih lebih baik.

Menikmati Camilan

camilan di mobilKetika mata mengantuk, Anda bisa mengonsumsi cemilan. Dalam hal ini, Anda bisa menyediakan berbagai jenis cemilan yang tentunya mampu membuat mata melek. Tak hanya camilan, Anda juga bisa menyediakan permen untuk menghilangkan rasa ngantuk ini.

Hindari Konsumsi Minuman Beralkohol

hindari alkoholJika mata sudah mulai ngantuk jangan konsumsi minuman beralkohol atau pun berkafein. Anda justru disarankan untuk mengonsumsi air putih saja. Hal ini karena, konsumsi minuman berkafein dan beralkohol mampu membuat tubuh lebih lemah.

Istirahat

Rest AreaKetika Anda melakukan perjalanan jauh, mungkin akan lebih mudah mengantuk. Maka dari itu, lakukan istirahat setiap 2,5 jam. Maksimal mengemudi memang 2,5 jam. Untuk itu, jika ingin selamat sampai tujuan tanpa rasa mengantuk, beristirahtlah setelah mengemudi selama 2,5 jam.

Itulah beberapa tips mengemudi tanpa mengantuk yang bisa Anda lakukan secara mudah.