Butuh Vitamin Sea? Anda Perlu Berlibur ke Kepulauan Mentawai!

kepulauan mentawai
Sumber: thetravelous

Beberapa tahun belakangan ini destinasi pariwisata Indonesia makin terkenal di dunia internasional karena ke-elokannya yang luar biasa. Ya, Indonesia bagaikan paket komplit bagi para pecinta traveling karena menyediakan semua spot wisata, seperti pegunungan, laut, sawah, wisata bersejarah, hingga tur kota. Sebagai pulau kepulauan, wisata air menjadi salah satu destinasi juara yang mengundang banyak pelancong, baik dari lokal maupun internasional. Kebanyakan dari para wisatawan gemar mengunjungi indahnya laut atau pulau yang ada di Indonesia. Banyak dari Anda yang telah mengetahui bahwa Indonesia bagian timur, seperti Flores dan Sumba, memiliki pantai dan wisata bawah laut yang eksotis. Namun, tak hanya Indonesia timur saja yang memiliki hal seperti itu. Kini, Indonesia bagian Barat juga memiliki spot pantai dan laut yang indah, sama halnya dengan laut Indonesia bagian Timur lainnya. Letaknya di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Anda dapat menikmati tak hanya kecantikan pulau yang akan memanjakan mata, tetapi juga mengenal penduduk asli Pulau Mentawai dan adat istiadat yang tersedia.

3 Alasan Mengapa Anda Harus Berlibur ke Kepulauan Mentawai

1. Terdiri dari Beberapa Pulau Cantik

Sumber: redaksijelajah

Tak hanya terdiri dari satu atau dua pulau cantik saja, Kepulauan Mentawai yang menjadi surga dunia di daerah SumBar ini memiliki hingga empat pulau besar yang elok dan pulau-pulau kecil lain disekelilingnya. Empat pulau besar yang menjadi daya tarik wisatawan yakni Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara, dan Pulau Pagai Selatan. Dari ke-empat pulau cantik tersebut, Pulau Siberut yang paling banyak dihuni oleh penduduk asli Suku Mentawai. Tak hanya itu, di Pulau Siberut juga ada Taman Nasional yang mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagai cagar biosfer pada tahun 2001 lalu atas banyaknya keanekaragaman hayati yang ada di pulau ini. Taman Nasional ini memiliki beberapa satwa langka yang tak bisa ditemui di tempat lain, contohnya tupai terbang dan monyet ekor babi. Walaupun kepulauan ini sempat dilanda bencana gempa bumi pada beberapa tahun silam, namun hal itu tidak menghapus kecantikan dan keeksotisan pulau-pulau yang berada di Kepulauan Mentawai ini.

2. Uniknya Tradisi dan Budaya Suku Asli Mentawai

Sumber: ulinulin

Wisata budaya dan sejarah juga dapat Anda temui jika berkunjung ke Kepulauan Mentawai. Banyak dari penduduk asli pulau ini atau yang disebut dengan Suku Mentawai masih berpegang teguh atas keyakinan dan kepercayaan yang telah di wariskan oleh para pendahulunya. Salah satu tradisi khas Suku Mentawai yang membawa pulau ini menjadi populer adalah adanya tato di seluruh tubuh. Tradisi ini memiliki kaitannya dengan kedewasaan dan status sosial dari para penduduknya. Bagi Suku Mentawai, tato juga merupakan “pakaian” abadi yang dapat dibawa mati. Tak seperti pembuatan tato pada umumnya yang menggunakan alat-alat modern seperti di kota besar, para penduduk asli Mentawai menggunakan cara tradisional untuk mentato tubuh mereka dan juga memilih serat alami sebagai tintanya. Jika Anda berkunjung ke pulau ini dan bertemu dengan penduduk asli, jangan sungkan untuk berinteraksi dan menikmati keramah-tamahan mereka selama sikap dan bicara Anda santun.

3. Tempat Peselancar Kelas Dunia dan Aktivitas Air yang Seru

Sumber: satriyapariwisata

Terkenal akan wisata airnya yang indah menjadikan para penikmat wisata air, seperti pantai dan wisata bawah laut, berbondong-bondong mendatangi Mentawai. Tak hanya itu, Mentawai juga populer akan ­spot-spot menawan untuk para peselancar lokal dan internasional. Terdapat lebih dari 100 titik selancar dan beberapa di antaranya sudah berskala internasional dan hal ini yang membuat para penikmat olahraga selancar datang ke pulau ini. Tak perlu khawatir tak dapat menikmati ombak, di pulau ini Anda akan menemui ombak besar dengan air yang hangat di sepanjang tahunnya. Enaknya lagi, tak begitu banyak orang yang berselancar di satu titik yang sama. Untuk wisata bawah airnya, Anda dapat mencoba snorkling dan diving untuk menikmati dan melihat biota air asin yang menawan. Namun apabila Anda tidak ingin berselanjar atau melakukan aktivitas air lainnya, Anda dapat mengintari pulau yang Anda singgahi selagi menikmati hembusan angin pantai dan pemandangan bak surga dunia yang terdapat di Kepulauan Mentawai ini.

Baca Juga: 3 Surga Pantai di Banyuwangi yang Masih Tersembunyi