Kiat Memenuhi Nutrisi Anak untuk Ibu yang Selalu Aktif

Kiat Memenuhi Nutrisi Anak untuk Ibu yang Selalu Aktif
Faiz Ghifari (CEO Bubays) dan Ifatul Khasanah (CPO Bubays)

Kegalauan para ibu yang bekerja salah satunya adalah, bisakah memberikan makanan bernutrisi dengan gizi lengkap? Kegalauan ini umum dirasakan oleh para ibu yang anaknya memasuki usia enam bulan dan mulai mengonsumsi Makanan Pendampingi ASI (MPASI).

Ifatul Khasanah dan Faiz Ghifari, mencoba untuk memberikan jalan keluar kepada para ibu bekerja dengan mendirikan startup Bubays.

Bubays merupakan platform yang menyediakan aneka menu MPASI siap santap untuk bayi dan anak usia enam hingga 24 bulan. Berawal dari pengalaman pribadi masa kecil Chief Production Officer Bubays, Ifatul, ia mencoba mewujudkan ide tersebut untuk membantu para ibu.

“Saya itu terlahir di keluarga yang sangat sederhana. Ibu dan ayah saya petani, tetapi untungnya ibu saya gemar membaca sehingga bisa memenuhi kebutuhan gizi saya sehari-hari dari bahan makanan sederhana,” kenang Ifa.

“Ternyata, asupan gizi yang baik dan sehat menjadi investasi saya di masa depan. Saya bisa belajar dengan baik, mendapatkan beasiswa, hingga ada di sini saat ini. Pengalaman masa kecil saya itu, ingin saya teruskan kepada anak-anak Indonesia lainnya melalui Bubays ini,” lanjutnya.

Bubays menyediakan MPASI yang dapat dipesan oleh ibu melalui website dan akun instagram @bubays.id. Faiz Ghifari, CEO Bubays menyatakan saat ini Bubays memiliki 30 pelanggan aktif dan melayani pengiriman makanan di wilayah Jabodetabek.

“Setiap minggu kami selalu targetkan ada peningkatan pelanggan. Tetapi, untuk saat ini kami masih membangun sistemnya dulu karena food safety untuk makanan bayi sangat penting. Setelah settle dengan sistemnya, baru kita fokuskan pada pemasaran,” kata Faiz Ghifari, CEO Bubays yang juga suami dari Ifatul Khasanah ini.

Baca Juga: Panduan Praktis Menyiapkan MPASI bagi Ibu Bekerja

Mengenalkan MPASI yang sarat dengan gizi dan tanpa bahan pengawet kepada ibu milenial, merupakan tantangan tersendiri bagi Bubays. Apalagi saat ini, kebanyakan para ibu memilih makanan olahan instan untuk mengejar kepraktisan.

“Tantangan kami yang utama yaitu mengedukasi para ibu tentang pentingnya MPASI yang kandungan nutrisinya lengkap dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan bayi,” lanjut Ifa.

Yang Bubays lakukan untuk mengedukasi para ibu muda terkait dengan pemenuhan nutrisi anak melalui gizi seimbang, yaitu dengan memuat konten edukatif dalam media sosial instagram.

Di samping itu, Bubays juga kerap mengadakan kuliah online menggunakan jejaring sosial WhatsApp yang mengundang para pakar. Sehingga, para pelanggan Bubays dapat berinteraksi langsung dengan ahlinya.

Bubays Dapatkan Pendanaan Pertamanya melalui Generator Startup asal Singapura

Kiat Memenuhi Nutrisi Anak untuk Ibu yang Selalu Aktif
Faiz dan Ifa bersama Jussi Salovaara (Co-Founder & Managing Partner Antler). (Foto: Kiky.Waode/Job-Like Magazine)

Memomong bisnis rintisan yang bisa dibilang masih “bayi”, suntikan dana menjadi salah satu poin penting agar bisnis yang dirintis dapat berkembang sesuai dengan timeline.

Pasangan suami isteri ini mencoba untuk mengikuti program startup generator Antler untuk mendapatkan pemahaman tentang membangun bisnis rintisan dan mendapatkan PreSeed funding sebesar US$100 ribu.

Setelah mengikuti beberapa kali hackathon dengan mengajukan beberapa ide berbeda, bisnis rintisan Bubays terdengar masuk akal dengan memperhatikan beberapa aspek.

“Kami melihat peluang dari Bubays ini dari seberapa besar market yang kita miliki, seberapa besar kesempatan untuk bisa bertumbuh dengan cepat, efisiensi cost, dan yang terpenting sesuai dengan keahlian kami,” jelas Faiz.

“Dengan mengikuti generator startup seperti Antler, kami harus terbuka pikirannya. Boleh punya ide, tetapi kalau menurut para mentor idenya kurang berpotensi untuk dijadikan bisnis rintisan kita harus bisa mengubah. Harus adaptif,” tambah Ifa.

Kiat Memenuhi Nutrisi Anak untuk Ibu yang Selalu Aktif
Ifa dalam acara pengenalan startup oleh Antler (10/09) di Jakarta. (Foto: Mega.Fransisca/Job-Like Magazine)

Menurut Ifa, proses research and development dan membangun tim yang solid merupakan suatu keharusan. Seluruh produk MPASI produksi Bubays berdasarkan riset yang mengacu pada ketentuan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) maupun World Health Organization (WHO).

Sedangkan dalam membangun tim, Faiz menekankan pada kecocokan values yang dimiliki Bubays yaitu healthy, empowering women, local, dan sustainable.

“Kami merekrut SDM dari kalangan profesional terutama untuk nutrisionis dan dokter. Namun, yang terpenting apakah mereka cocok dengan nilai-nilai yang Bubays percaya?,” tambah alumnus ITB Fakultas Teknologi Industri ini.

Shout Out to Every Single Mom!

Kiat Memenuhi Nutrisi Anak untuk Ibu yang Selalu Aktif

Apa sih yang ingin disampaikan oleh pendiri Bubays untuk seluruh ibu di Indonesia?

“Menjadi ibu pekerja itu sangat menantang. Para ibu tak perlu khawatir, yakin saja bahwa kita sebagai ibu bisa memberikan yang terbaik untuk anaknya dalam hal apapun,” kata Ifa.

“Setiap ibu memiliki tantangannya masing-masing. Kami harapkan para ibu selalu enjoy dalam memaksimalkan perannya. Kami membantu setiap ibu untuk memiliki me time dan bisa mengembangkan diri,” tambah Faiz.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here