Ingin Mengatasi Rambut Rontok? Coba Penuhi Nutrisi Ini

Anda memiliki masalah dengan rambut rontok dan ingin mengatasi rambut rontok dengan cara alami? Coba singkirkan sejenak krim rambut atau serum yang harganya agak mahal. Ada solusi lebih tepat untuk mengatasi rambut rontok.

Sebuah tinjauan pada 2006 mengenai 40 tahun penelitian mengungkapkan ada hubungan erat antara kekurangan zat besi dan rambut rontok. Meskipun kekurangan zat besi tak secara pasti sebagai penyebab kerontokan rambut, namun gaya hidup vegan dan vegetarian bisa menjadi penyebabnya.

Kris Sollid, RD, Direktur Senior Komunikasi Nutrisi di International Food Information Council, mengatakan cara pasti zat besi mempengaruhi pertumbuhan rambut juga tidak diketahui. Namun, rambut rontok adalah salah satu dari 13 tanda kekurangan zat besi yang mungkin Anda abaikan.

Sains membuktikan ketika seseorang tak memiliki cukup zat besi untuk sel darah merah Anda untuk membentuk hemoglobin, maka Anda juga tidak akan memiliki cukup oksigen untuk menumbuhkan dan memperbaiki rambut.

Nah, para penganut gaya hidup vegan dan vegetarian cenderung memiliki cadangan zat besi yang rendah, tetapi masih dalam tingkatan yang normal. Jadi, mereka perlu memastikan untuk makan makanan kaya zat besi dan memenuhi asupan zat besi harian yang direkomendasikan dari sumber makanan yang mereka inginkan 1,8 kali lebih banyak daripada mereka yang masih mengonsumsi daging.

Baca Juga: 6 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Rambut yang Masih Jarang Diketahui

Ini 2 Jenis Sumber Zat Besi untuk Mengatasi Rambut Rontok

Ada dua jenis zat besi yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi rambut rontok. Pertama,zat besi heme yang ditemukan dalam makanan hewani dan zat besi non-heme yang ditemukan dalam makanan nabati dan hewani.

Orang-orang menyerap zat besi heme lebih baik daripada zat besi non-heme, itulah sebabnya vegetarian membutuhkan hampir dua kali lipat jumlah zat besi. Brokoli, kacang-kacangan, sayuran berdaun gelap, oatmeal, dan quinoa adalah beberapa makanan tinggi zat besi yang direkomendasikan untuk para vegan dan vegetarian.

Namun, jika Anda memutuskan untuk mengatasinya dengan penggunaan suplemen, sebaiknya diskusikan dahulu dengan dokter. Sebab kelebihan zat besi bisa sama berbahayanya dengan kekurangan zat besi.

Hal Lain Penyebab Kerontokan

Meski demikian, zat besi mungkin tidak bisa disalahkan atas kerontokan rambut. Sebab ada banyak sekali faktor lain, termasuk stres, penuaan, genetika, obat-obatan, perubahan hormon, dan masalah kesehatan lainnya yang berperan, menurut American Academy of Dermatology. Bahkan nyatanya kesalahan menata rambut adalah salah satu dari 16 alasan mengejutkan mengapa rambut Anda bisa rontok.

Baca Juga: Catat! Ternyata Ini Lho Penyebab Rambut Rontok

Jadi, jika kebotakan atau penipisan rambut Anda karena diet, maka membuat perubahan pola makan yang sehat tidak akan merugikan. Para ahli merekomendasikan untuk mengombinasikan makanan kaya zat besi dengan sumber vitamin C karena akan membantu Anda menyerap lebih banyak zat besi yang dimakan. Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin B dan E seperti alpukat, kacang-kacangan, bayam, dan minyak zaitun juga dapat membantu.

Namun, jika semuanya masih tidak bisa mengatasi rambut rontok, coba lihat sisi baiknya. Beberapa penelitian mengatakan bahwa menjadi botak sebenarnya dapat meningkatkan daya tarik Anda. Jadi jangan anggap botak tidak menarik, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here