Mengenal Iga Sapi: Bahan Makanan Hits dengan Kandungan Gizi Istimewa

Siapa sih yang tak kenal dengan iga sapi. Bagian tubuh sapi yang satu ini memang istimewa dan disukai banyak orang. Konon kabarnya, daging yang menempel langsung pada tulang terasa lebih lezat daripada bagian daging lainnya. Tak mengherankan bila iga sapi yang kaya kandungan gizi ini senantiasa diburu.

Jangan hanya jadi penikmat iga sapi yang tidak mengenal kandungan gizi serta fakta-fakta lainnya. Simak dulu ulasan ini supaya semakin mengenal si lezat iga sapi favoritmu.

Mengulik Kandungan Gizi Iga Sapi

Kandungan gizi iga sapi memang tergolong lengkap jika dibandingkan dengan bagian tubuh sapi lainnya. Dalam setiap sajian 100 gr iga sapi, terkandung 291 kalori, 22 gr lemak (10 gr lemak jenuh, 1 gr lemak tak jenuh ganda, 11 gr lemak tak jenuh tunggal), dan 24 gr protein.

Iga sapi juga mengandung 80 mg kolestrol, 260 mg kalium, 54 mg natrium, 11 mg kalsium, serta berbagai vitamin dan mineral lainnya.

Beragam Olahan Iga Sapi yang Lezat

Iga sapi yang kaya kandungan gizi ternyata mudah diolah menjadi berbagai hidangan istimewa. Kamu yang menyukai iga sapi tentu tak asing lagi dengan beberapa menu populer berikut ini:

  • Iga penyet;
  • Iga bakar;
  • Krengsengan iga;
  • Sop iga;
  • Sop konro;
  • Bakso iga sapi.

Kini iga sapi juga mulai dikreasikan dengan berbagai resep fusion, misalnya iga sapi lada hitam, iga bakar madu, iga bakar rica-rica, dan resep istimewa lainnya. Karakter iga sapi yang cocok dengan beragam jenis bumbu memang membuatnya mudah diolah dengan resep apa pun.

Baca Juga: Tips Praktis agar Tetap Sehat Meskipun Hobi Makan Jeroan

Tetap Hati-Hati Menyantap Iga Sapi!

Meskipun iga sapi merupakan bahan makanan bergizi, bukan berarti kamu boleh menyantapnya secara berlebihan. Jangan lupa kalau iga sapi juga memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi dibandingkan bagian tubuh sapi lainnya.

Berusahalah membatasi konsumsi iga sapi, misalnya cukup satu porsi seminggu sekali. Sehingga tubuh tidak menerima asupan lemak dan kolesterol secara berlebihan.

Di samping itu, sebaiknya kamu memasak sendiri iga sapi yang akan dinikmati. Supaya kamu dapat memilih bagian iga sapi yang tidak terlalu berlemak.

Memasak iga sapi tidak sulit karena iga sapi sudah terasa lezat dengan bumbu sederhana. Rebuslah iga sapi dua kali supaya kandungan lemaknya berkurang.

Sudah siap menikmati iga sapi yang kaya kandungan gizi dengan porsi yang tepat? Daripada membeli aneka olahan iga sapi kekinian yang harganya mahal, lebih baik kamu belajar membuatnya sendiri di rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here