Mengapa Harus One Month Notice Bila Ingin Resign?

one month notice
Sumber : Personnel Today

Keputusan resign merupakan hak pribadi karyawan. Namun, Anda wajib melakukannya secara profesional agar tidak mengganggu kepentingan perusahaan. Salah satu aturan sederhana yang sering kali diabaikan karyawan saat akan resign adalah one month notice.

One month notice adalah aturan yang mewajibkan karyawan untuk memberitahukan keputusan resign sekurang-kurangnya 30 hari sebelum tanggal resign berlaku.

Aturan tersebut tercantum dalam UU No. 13 Pasal 162 ayat 3 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Tiga syarat resign kerja menurut Undang-Undang tersebut yaitu:

  • Karyawan wajib mengajukan surat pengunduran diri selambat-lambatnya 30 hari sebelum tanggal pengunduran diri yang dikehendaki.
  • Sedang tidak berada dalam ikatan dinas.
  • Tetap melaksanakan kewajiban kerja hingga tanggal pengunduran diri.

Selain karena peraturan tertulis tersebut, one month notice juga penting karena beberapa alasan berikut ini:

Menjaga Hubungan Baik dengan Perusahaan

Sumber : MSN

Keputusan resign yang dilakukan secara mendadak bisa mengganggu hubungan baik Anda dan perusahaan. Padahal, mungkin selama ini Anda memiliki kinerja yang baik dan dihargai perusahaan. Jangan sampai hal yang satu ini malah mengganggu kesan profesionalitas Anda. Kalau hubungan baik dengan perusahaan senantiasa terjaga, Anda pun tak perlu ragu meminta surat referensi penting di kemudian hari.

Baca Juga: Bagaimana Jadinya Jika Baru Mulai Kerja Tetapi Ingin Resign?

Rekan-Rekan Kerja Wajib Beradaptasi

Sumber : Deposit Photos

Rekan-rekan kerja Anda akan ekstra kerepotan bila Anda hengkang dari pekerjaan secara tiba-tiba. Karena rekan-rekan Anda pasti harus beradaptasi dengan situasi baru tanpa kehadiran Anda. Pekerjaan pun harus dibagi rata sebelum mendapatkan karyawan pengganti. One month notice membuat rekan-rekan kerja punya banyak waktu untuk menyiapkan perubahan.

Perusahaan Harus Melakukan Proses Rekrutmen

proses rekrutmen
Sumber : candidatemanager

Perusahaan memiliki waktu yang memadai untuk proses rekrutmen baru bila Anda melakukan one month notice. Karena proses rekrutmen karyawan juga membutuhkan persiapan yang matang. Jika memungkinkan, Anda juga bisa langsung melakukan training untuk karyawan yang akan menggantikan Anda. Pengalihan kewajiban kerja pun akan berlangsung lebih mudah tanpa kendala besar.

Sebenarnya perusahaan juga bisa menetapkan peraturan khusus tentang keputusan resign karyawan. Proses pemberitahuan resign dapat diatur dalam perjanjian kerja sama atau peraturan perusahaan. Kebijakan perusahaan tersebut mesti disosialisasikan dengan cara yang tepat. Agar tak ada karyawan yang lalai melakukannya di kemudian hari. Jangan sampai keputusan resign karyawan malah mengganggu stabilitas perusahaan.

2 COMMENTS

    • Keputusan perusahaan juga tergantung dari kebijakan yang berlaku, Kak. Biasanya sih perusahaan gak mempercepat resign, paling hanya mengabulkan pengajuan karyawan šŸ™‚

Beri komentar Anda tentang artikel ini