Bos Huawei: OS Hongmeng Lebih Cepat dari Android dan iOS

Sumber: pandaily

Persaingan ekonomi ketat antara Amerika Serikat dan Tiongkok berdampak buruk pada sejumlah perusahaan. Huawei menjadi salah satu perusahaan yang terkena imbas perang dagang tersebut.

Alhasil, ponsel Huawei yang selama ini menggunakan OS Android, tidak bisa lagi menggunakan lisensi tersebut dan harus membuat sistem operasi baru yang dikenal dengan OS Hongmeng.

Diklaim Menjadi Sistem Operasi Tercepat

OS Hongmeng
Sumber: caixinglobal

Terkait jenis OS baru untuk ponsel Huawei, CEO sekaligus Founder Huawei, Ren Zhengfei mengungkapkan kecanggihan OS besutannya tersebut. Ren mengatakan bahwa OS Hongmeng akan lebih stabil dan lebih cepat dari pada Android ataupun iOS.

Selain itu, Ren juga mengatakan bahwa OS Hongmeng tidak sekadar hanya digunakan untuk perangkat smartphone saja, melainkan perangkat digital lainnya seperti tablet, router, laptop, komputer bahkan data center.

Tidak tanggung-tanggung, Ren turut mengklaim bahwa sistem operasi besutannya lebih stabil dan gesit ketimbang MacOS yang selama ini menjadi sistem operasi dari laptop maupun komputer besutan Apple, yaitu MacBook dan iMac.

Saat ini, sistem operasi besutan Huawei tersebut sudah masuk tahap produksi. Selain legalitasnya sudah diresmikan oleh pemerintah Tiongkok, gadget dengan OS Hongmeng juga sedang diproduksi sebanyak 1 juta unit dalam bentuk smartphone, tablet dan juga PC.

Baca Juga: Tawarkan Minuman Gratis dan Colokan Charger, Huawei Sindir Apple

Nantinya, produk tersebut belum dijual secara umum dan hanya akan difungsikan untuk pengembangan sistem semata. Ke depannya, Ren mengungkapkan keseriusan Huawei untuk fokus kepada OS terbaru mereka.

Sumber: arrowvoice

Lebih lanjut Ren menjelaskan, smartphone atau tablet dengan OS Hongmeng juga bisa mengunduh sebagian besar aplikasi yang selama ini tersedia di perangkat Android. Hal ini mencakup gim, serta aplikasi penunjang lainnya.

Terkait proses pengembangan sistem operasi ini, perusahaan digital raksasa asal Tiongkok, Tencent, juga turut membantu proses pengujian. Selain itu, perusahaan Oppo dan Vivo juga turut terlibat terkait pengujian sistem.

Berdasarkan hasil uji, Oppo dan Vivo mengklaim bahwa OS Hongmeng 60 persen lebih cepat dari OS Android. Untuk perilisannya sendiri, Huawei berencana menjual gadget dengan sistem operasi terbarunya pada pertengahan 2020 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here