Komponen Gaji yang Sebaiknya Kamu Pahami biar Makin Jelas dan Teliti

Meski setiap bulan selalu gajian, tidak semua karyawan memahami apa saja komponen gaji yang selama ini diterima. Hal ini masih sangat wajar mengingat beberapa orang hanya fokus pada jumlah saldo yang masuk ke rekening saja. Tidak banyak yang mau repot memikirkan atau mengecek kembali yang diterima.

Berikut beberapa komponen gaji yang biasanya diberikan ke karyawan. Alih-alih hanya menerima mentahan gaji tiap bulan, coba pahami elemen-elemen ini ya. Siapa tahu kamu perlu meneliti gaji bulananmu sudah tepat atau belum.

Gaji Pokok

Komponen yang pertama bernama gaji pokok. Nominal di dalam gaji pokok biasanya disesuaikan dengan banyak hal. Mulai dari UMR (upah minimum regional), posisimu di kantor, hingga tanggung jawab yang kamu miliki di perusahaan.

Biasanya gaji pokok ini sudah dibahas dan disepakati jauh-jauh hari saat wawancara terakhir. Nah, coba kamu cocokkan apakah nominal tersebut sudah sesuai atau tidak. Cermati juga kenaikan gaji pokokmu tiap tahun atau saat kamu mendapat promosi jabatan di kantor.

Potongan

Dalam slip gaji, biasanya dicantumkan juga komponen gaji yang disebut dengan potongan. Bentuk dari potongan ini juga beragam. Misalnya, iuran BPJS Kesehatan maupun Ketenagakerjaan, asuransi dari perusahaan, hingga sanksi atau pun denda atas keterlambatan kerja.

Cobalah kamu teliti nominal-nominal dalam potongan tersebut. Dari situ kamu bisa lihat berapa sih total uang potongan yang biasanya kamu terima per bulannya. Terkadang terdapat sedikit kesalahan hitung di bagian ini dan kamu bisa mengkrosceknya ke bagian keuangan andai kamu jeli.

Baca Juga: Waspada! Beberapa Godaan setelah Naik Gaji Ini Rentan Muncul

Upah Lembur

Komponen gaji ini merupakan upah di luar gaji pokok yang diberikan perusahaan padamu saat bekerja di luar jam kerja. Nominal di bagian upah lembur ini tentu berbeda-beda dan belum tentu selalu ada tiap bulannya. Di sini kamu setidaknya butuh catatan hari lemburmu agar bisa mengeceknya.

Dalam banyak kejadian, upah lembur sering kali membuat gaji bulananmu melonjak naik. Namun, jangan keburu senang dan langsung menaikkan gaya hidupmu juga ya. Tetaplah berpegangan pada angka di gaji pokok untuk mengatur pengeluaran bulananmu agar keuanganmu tetap sehat.

Tunjangan Tetap

Beberapa perusahaan memberikan tunjangan tetap sebagai benefit bagi karyawannya. Tidak semua karyawan dapat memperoleh komponen gaji ini. Semua tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan, entah mau memberikan untuk semua level atau hanya level manajer ke atas.

Jika kamu mendapat promosi, tentu nominal tunjangan di sini juga akan naik. Ada juga beberapa perusahaan yang mengganti tunjangan tetap dengan benefit lain. Misalnya, fasilitas mobil atau jemputan ke kantor.

Setelah memahami komponen gaji di atas, semoga kamu lebih teliti dan cermat sehabis gajian ya. Rutinlah cek slip gaji agar sewaktu-waktu kamu bisa mengkroscek beberapa hal saat ada kekeliruan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here