Panduan Mengurus Cuti Bulan Madu Sesuai Kebutuhan

cuti bulan madu
Sumber : Wendy Wu Tours

Momen bulan madu memang penting bagi pasangan yang baru menikah. Anda dan pasangan tentu ingin menikmati banyak waktu bersama pasca menikah. Oleh sebab itu, rencana cuti bulan madu pun harus dipersiapkan secara matang. Supaya Anda dan pasangan bisa merealisasikan rencana bulan madu secara maksimal.

Ikuti panduan mengurus cuti bulan madu berikut ini demi momen bulan madu yang menyenangkan

Menyisihkan Jatah Cuti secara Teliti

meminta cuti

Bila Anda berencana menikah, sebaiknya Anda sudah mulai menyisihkan jatah cuti sejak awal tahun. Sehingga nanti Anda bisa menggunakan jatah cuti tersebut untuk mengajukan cuti bulan madu. Jatah cuti yang masih utuh membuat Anda berhak menggunakannya secara leluasa. Karena momen bulan madu adalah salah satu hal istimewa yang sebaiknya dilakukan dalam waktu cukup lama.

Baca Juga: Pahami 5 Hal Ini Sebelum Mengundang Rekan Kerja ke Pernikahan

Mengajukan Cuti Sejak Jauh Hari

jatah cuti sedikit
Sumber: Tribun News

Perusahaan yang super sibuk sering kali kesulitan mengabulkan permintaan cuti secara mendadak. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mengajukan cuti sejak jauh hari jika Anda sudah menetapkan tanggal pernikahan. Dengan demikian, atasan dan rekan kerja Anda sudah mengetahui bahwa Anda berhak mengambil jatah cuti di waktu yang telah Anda ajukan.

Melakukan Estimasi Waktu dengan Tepat

Sumber: Jax Enter

Estimasi waktu juga penting sebelum mengajukan cuti bulan madu. Misalnya, Anda butuh waktu lebih lama untuk liburan ke luar negeri dibandingkan liburan di dalam negeri. Anda juga patut memperkirakan waktu cuti yang dibutuhkan untuk membereskan rumah baru atau mempersiapkan kebutuhan pindah rumah. Jangan sampai jatah cuti yang Anda ajukan ternyata kurang maksimal untuk momen bulan madu Anda.

Jangan Lupa Memberi Tahu Atasan

hadapan bos
Sumber: topyaps

Bukan hanya staf HRD yang wajib mengetahui rencana cuti bulan madu Anda. Sebaiknya Anda juga memberi tahu atasan sejak jauh hari. Supaya atasan Anda bisa mempersiapkan pengalihan pekerjaan kepada rekan-rekan kerja lainnya. Rencana kerja yang sudah dibuat atasan pun tak akan berantakan bila Anda memberikan informasi cuti sedini mungkin.

Sisihkan Waktu untuk Beristirahat

Sumber: Stellar

Langsung masuk kerja sepulang bulan madu pasti akan menguras tenaga Anda. Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya Anda menyisihkan waktu cuti satu dua hari lagi setelah pulang berbulan madu. Nanti Anda bisa memanfaatkan waktu cuti tersebut untuk beristirahat bersama pasangan di rumah.

Rencana bulan madu akan berjalan lancar bila semua persiapannya dilakukan secara matang. Selain menyiapkan cuti bulan madu, jangan lupa pula dengan urusan budget dan penentuan destinasi yang Anda inginkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here