Tak Kalah dengan Bali, 6 Deretan Pantai di Pacitan Ini Sungguh Memesona!

Pantai di Pacitan
Sumber : drwox

Jika tujuan wisata Anda adalah pantai, mungkin tempat destinasi yang pertama kali muncul di pikiran ialah Pulau Bali, lalu disusul dengan Pulau Lombok dan Yogyakarta. Namun, banyak orang yang tidak mengetahui bahwa Pacitan juga memiliki segudang pantai indah. Letaknya yang berada di pesisir barat provinsi Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia menjadikan Pacitan dijuluki sebagai Paradise of Java karena keelokan wisatanya, salah satunya ialah deretan pantai yang menawan. Berikut beberapa rekomendasi jejeran pantai di Pacitan yang wajib untuk Anda datangi.

Deretan Pantai di Pacitan yang Menawan

1. Pantai Banyu Tibo

Sumber: jejakpiknik

Pantai yang terletak di Desa Widoro, kecamatan Donorojo ini memiliki keunikannya sendiri yakni adanya air terjun kecil yang berasal dari sungai kecil yang mengalir diatas tebing dan berada di pinggir pantai. Nama Banyu Tibo sendiri diberikan oleh penduduk sekitar yang jika diartikan dalam bahasa Jawa adalah air yang jatuh.

2. Pantai Buyutan

Sumber: wisatapriangan

Anda dapat menemukan pantai berpasir putih yang dikombinasikan dengan jernihnya air laut di Pantai Buyutan yang letaknya di kecamatan Donorojo dan berjarak sekitar 44 km dari pusat kota Pacitan. Anda akan menikmati suasana tenang karena tidak banyak wisatawan yang datang ke pantai ini. Suasana di pantai ini sangatlah bersih jadi diharapkan untuk Anda agar tetap menjaga kebersihan pantai ini.

Baca Juga: Pantai Berpasir Unik di Dunia, Salah Satunya Ternyata Ada di Indonesia!

3. Pantai Klayar

Sumber: piknikasik

Pantai satu ini menjadi wisata unggulan dan ikonik untuk daerah Pacitan. Pantai ini terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, dan tak jauh dari Pantai Buyutan. Keunikan dari pantai ini adalah terdapat banyak batu karang yang bentuknya menyerupai Spink dan air mancur alami setinggi 10 meter. Pantai dengan hamparan pasir putih dan air laut yang berwarna biru hingga hijau toska akan memanjakan mata dan merilekskan pikiran serta tubuh Anda.

4. Pantai Kali Uluh

Sumber: oknusantara

Bagi Anda yang menggemari olahraga surfing, maka pantai di Pacitan yang satu ini sangat tepat menjadi tujuan destinasi wisata Anda. Mengapa? Karena pantai ini memiliki ombak yang besar. Pantai ini berada di Desa Klesem, Kecamatan Kebonagung dan berjarak sekitar 35 km dari kota Pacitan. Terdapat juga beberapa batu karang yang tersebar di tepi pantai yang menambah keeksotisan Pantai Kali Uluh.

5. Pantai Watukarang

Sumber: ketahui

Bagi Anda yang ingin ke pantai ini, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi karena kondisi jalan yang terbilang sempit serta banyak tanjakan dan turunan. Pantai yang berjarak 25 – 30 km dari kota Pacitan sama halnya dengan Pantai Kali Uluh karena memiliki ombak besar yang pas untuk para surfer. Dengan tipe reef break dan dasar laut berupa bebatuan karang yang bisa menghasilkan barrel yang akan membuat para peselancar serasa di surga.

6. Pantai Karang Bolong

Sumber: islahagus

Anda akan menikmati panorama keindahan pantai selatan dengan tebing-tebing hijau yang berdiri kokoh serta menjulang tinggi yang menghadap ke laut. Letaknya yang berada di tepi barat dan menjorok ke laut seolah-olah seperti Pantai Uluwatu yang ada di Bali. Pantai Karang Bolong ini berada di wilayah Kelurahan Sendang, Kecamatan Donorojo. Namun, Anda diharuskan berhati-hati jika ingin mengunjungi pantai ini karena jalur yang masih tanah dan basah.

2 COMMENTS

Comments are closed.