Jangan Hanya ke Bali, Yuk Lihat Deretan Pantai Terbaik di Pulau Sumba

pantai terbaik
Sumber : jadiberita

Dari Barat hingga ke Timur, Indonesia berhasil memikat para wisatawan lokal maupun asing. Kini, semakin banyak kota-kota dan pulau-pulau di Indonesia yang mulai dilirik para pelancong untuk berada dalam bucket list liburan mereka. Tak hanya Bali, Nusa Tenggara Timur juga memiliki banyak sekali potensi wisatanya, mulai dari wisata alam, wisata bawah laut, budaya, hingga kuliner. Selain Pulau Komodo dan Labuan Bajo di Flores, Pulau Sumba juga tengah disorot akan keindahannya. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk melihat indahnya pantai karena Pulau Sumba sudah menjadi pilihan yang pas untuk para beach-holic. Bagi Anda yang ada rencana untuk berlibur ke Sumba, ini deretan pantai terbaik di Pulau Sumba yang siap bertanding dengan pantai cantik di pulau-pulau eksotis lainnya di dunia. Tidak hanya itu, beberapa artis papan atas Indonesia juga pernah ke pulau ini.

Deretan Cantiknya Pantai Terbaik di Pulau Sumba yang Wajib Dikunjungi

1. Pantai Puru Kambera

Sumber : youtube

Walaupun harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk sampai ke pantai ini, yaitu 25 kilometer dari Kota Waingapu, tetapi perjalanan tersebut sangat sepadan dengan salah satu surga dunia di Pulau Sumba ini. Sesampainya di sini, Anda akan melihat hamparan pasir putih dan ombak biru cantik yang menggulung bibir pantai. Tak hanya pantai, bonus lain yang bisa Anda dapatkan adalah terdapat hamparan savana hijau di dekat pantai yang tak kalah indah.

2. Pantai Nihiwatu

Sumber : katalogwisata

Tak perlu jauh-jauh ke Hawaii untuk melihat eloknya suatu pantai dengan deretan pohon kelapa karena di Pulau Sumba, Anda juga bisa meilhat keindahan tersebut di Indonesia. Salah satunya adalah Pantai Nihwatu. Bak lukisan, pantai ini menghadirkan gradasi warna biru laut yang cantik. Untuk Anda yang suka surfing, pantai ini memiliki sebutan sebagai God’s Left karena ombaknya yang tinggi dan cukup menantang. Banyak peselancar dunia yang telah menaklukkan ombak di Pantai Nihiwatu.

3. Pantai Walakiri

Sumber : indonesiakaya

Tak seperti pantai lainnya, Pantai Walakiri memiliki ombak yang terbilang cukup tenang, landai dengan hamparan pasir putihnya. Untuk sampai ke pantai ini, Anda bisa menyewa motor atau mobil dengan waktu tempuh 30 menit dari Kota Waingapu. Pantai ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu adanya pohon bakau di pinggir pantai. Pemandangan di sini akan lebih indah pada saat matahari terbenam karena pohon bakaunya yang membentuk siluet dengan bentuk berkelak kelok seperti orang berdansa dibalut dengan gradasi langit yang berwarna oranye menjadi pembeda dari setiap pantai yang ada di Sumba.

Baca Juga : Selain Deretan Pantai, Ini Destinasi Memesona Lainnya di Pulau Weh

4. Pantai Ratenggaro

Sumber : pedomanwisata

Tak hanya menikmati wisata alam, pantai yang berdekatan dengan kampung adat Ratenggaro juga menyajikan wisata budaya.  Untuk pantainya sendiri memang terkenal sebagai tempat berkumpulnya para peselancar karena Pantai Ratenggaro memiliki ombak yang cukup tinggi serta panjang. Jadi untuk yang ingin berkunjung ke pantai ini, Anda juga bisa lebih mengenal budaya setempat.

5. Pantai Mandorak

Sumber : indolah

Menjadi salah satu tempat wisata dan pantai terbaik di Sumba, Pantai Mandorak selalu menjadi tujuan para wisatawan yang datang ke Pulau Sumba. Tak kalah dengan Hawaii atau pulau eksotis lainnya, Pantai Mandorak menyajikan jernih serta birunya air laut. Yang membuat pantai ini unik dan sedikit tersembunyi adalah karena letaknya yang berada di balik tebing curam yang makin mempercantik panoramanya.