Pantang! Jangan Pernah Mengungkap Rahasia Ini ke Bos

Ada beberapa rahasia yang sebaiknya tak kamu ungkapkan kepada bos di kantor. Terutama hal yang menyangkut kehidupanmu di luar kantor. Ingatlah, kehidupanmu di luar kantor bukan “santapan” yang harus diketahui orang-orang kantor, terutama bos.

Karena kantor adalah tempat profesional yang menilai kinerjamu, bukan kehidupan pribadi. Nah, apa saja yang tidak sepantasnya kamu ungkap?

Jaga Informasi Personalmu

Diskriminasi di tempat kerja adalah hal ilegal. Namun, masih ada perusahaan yang mendiskriminasikan karyawannya berdasarkan data pribadi. Nah, untuk mengantisipasi kondisi ini, sebaiknya kamu rahasiakan ke bos mengenai detail kehidupanmu.

Semisalnya, detail yang bisa dilihat bos melalui aktivitas kamu di sosial media. Hal ini bisa menjadi bumerang buat kariermu. Jadilah karyawan yang mendapatkan pengakuan karena kinerja dan prestasimu.

Baca Juga: Kualitas yang Dicari Bos, Apakah Kamu Sudah Memiliki Karakter Berikut?

Jangan Pernah Mengungkap Rahasia ke Bos mengenai Kehidupan Malammu

Tidak peduli apakah kehidupan malammu itu adalah membacakan dongeng untuk anak di malam hari atau kumpul bareng teman, sebaiknya kegiatan itu tak perlu diketahui oleh bos.

Tapi, lain halnya bila kamu memiliki kegiatan di malam hari yang berkaitkan dengan pengembangan skill, seperti mengikuti pelatihan software di malam hari.

Keyakinan Agama

Jangan pernah mengungkap tentang keyakinan agama kamu pada bos. Di Indonesia, wanita yang memakai hijab dapat dengan mudah dikenali sebagai seorang muslim.

Namun jika kamu seorang laki-laki atau wanita yang tidak berhijab, tidak ada kewajiban bagi kamu untuk memberi tahu bos tentang apa agama atau keyakinanmu. Urusanmu di kantor adalah untuk bekerja dan bukan untuk menjelaskan apa keyakinanmu.

Penghasilan Suami/Istri

Kamu mungkin berpikir kenapa poin ini masuk dalam daftar. Namun, kamu jangan pernah mengungkap penghasilan suami/istri pada bos karena bos tidak punya hak untuk hal tersebut.

Tidak peduli apakah suami/istri adalah seorang CEO yang sukses di sebuah perusahaan atau seorang pengangguran yang baru kena PHK, kamu bisa kehilangan promosi karena informasi tersebut meskipun kamu berkualitas. Jadi, jangan mengungkap rahasia satu ini ke bos ya.

Kamu Punya Pekerjaan lain

Banyak orang yang memiliki pekerjaan sampingan, termasuk posisi freelance. Namun, bisnismu yang lain seharusnya tidak perlu dikaitkan dengan bisnis utama. Perusahaan sering mengembangkan dan memperluas perjanjian dan kebijakan non-kompetisi yang memerintahkan karyawan untuk mempertahankan hanya satu pekerjaan.

Untuk itu, jangan pernah mengungkap bila kamu punya pekerjaan sampingan pada bos karena kamu bisa masuk dalam radar untuk kena PHK jika akhirnya perusahaan menerapkan kebijakan tersebut.

Jangan Pernah Mengungkap Situasi Kehidupanmu

Tidak boleh ada seorang pun di tempat kerja yang tahu tentang situasi kehidupanmu, apakah terkait kamu tinggal bersama orang tua, atau berjuang sendiri untuk membiayai berbagai tagihan seperti KPR atau cicilan kendaraan.

Ini adalah aspek lain dalam kehidupanmu yang dapat menyebabkan orang lain menilai kamu, atau justru membuat masalah dengan kamu hingga akhirnya bos mengkhawatirkanmu.

Nah, pintar-pintarlah dalam menjaga kehidupan pribadimu di luar kantor. Lebih baik kamu berkonsentrasi untuk meningkatkan kemampuan dan prestasi kerjamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here