Profesional Dong! 5 Pantangan Sebelum Kamu Resign

Keputusan resign kerap diambil karena sudah tidak betah dengan tempat kerja. Namun, bukan berarti kamu bisa bersikap seenaknya. Setidaknya ada beberapa pantangan sebelum resign yang patut kamu lakukan supaya tetap terkesan profesional.

Ingin tahu lebih banyak tentang pantangan sebelum resign yang penting bagi reputasi kariermu? Inilah ulasannya!

Jangan Bermalas-malasan saat Bekerja

Pengajuan resign bukanlah alasan yang boleh membuat kamu bermalas-malasan saat bekerja. Justru kamu harus tetap menunjukkan kinerja terbaik sebagai dedikasi terakhirmu di perusahaan tersebut.

Meskipun kamu sudah merasa tidak betah dan tertekan, tetaplah menyelesaikan semua pekerjaan dengan baik. Karena hal ini akan berdampak langsung pada penilaian terhadap diri sendiri.

Tidak Bolos Kerja Tanpa Alasan Jelas

Demi menjunjung tinggi profesionalitas, kamu sebaiknya juga tidak bolos kerja tanpa alasan jeals. Jangan melanggar pantangan sebelum resign yang satu ini supaya kamu tidak dicap sebagai pekerja yang tidak bertanggung jawab. Tunjukkanlah bahwa kamu karyawan yang profesional hingga akhir masa kerja di perusahaan tersebut.

Baca Juga: Tak Terduga, Ini Kemungkinan Alasan Karyawan Terbaik Resign

Mencegah Penyebaran Informasi Buruk tentang Perusahaan

Seburuk apa pun perusahaan tempatmu bekerja, kamu pernah mendapatkan rezeki dan pengalaman dari perusahaan tersebut. Jadi, memang tak sepantasnya kamu menyebarkan informasi buruk tentang perusahaan.

Pantangan sebelum resign ini juga harus kamu lakukan saat wawancara kerja di perusahaan lain. Jangan sampai perusahaan lain menjadi insecure karena sikapmu yang menjelek-jelekkan tempat kerja yang lama.

Menyimpan Bualan tentang Pekerjaan Baru

Mungkin kamu sudah mendapatkan pekerjaan baru sesaat sebelum resign. Atau bahkan belum mendapatkan pekerjaan sama sekali. Apa pun rencana kariermu di masa depan, tak perlu membual tentang pekerjaan baru tersebut.

Selain menyebalkan, hal ini akan membuat kamu terkesan tidak profesional di mata atasan dan rekan-rekan kerja. Sampaikan saja informasi sekadarnya bila memang harus mengatakan tentang rencana pekerjaan barumu.

Tidak Lupa Mengucapkan Maaf dan Selamat Tinggal

Permintaan maaf dan ucapan selamat tinggal adalah hal penting yang harus kamu lakukan sebelum resign. Jangan lupa menyampaikannya pada atasan maupun rekan-rekan kerja. Apalagi bila nantinya kamu tetap akan berurusan dengan mereka yang bekerja di perusahaan lama.

Tunjukkan kamu adalah pribadi yang berjiwa besar dan bersikap dewasa walaupun mungkin kamu resign karena mengalami masalah tertentu.

Kalau kamu melakukan lima pantangan sebelum resign tersebut, niscaya kamu akan keluar dari pekerjaan lama sebagai karyawan yang baik. Memulai pekerjaan baru tentu harus dilakukan dengan suasana hati yang gembira tanpa membawa beban dari tempat kerja lama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here