Wajib Tahu! Ini Ragam Pekerjaan yang Cocok untuk Lulusan Pesantren

lulusan pesantren
Sumber : NU

Pesantren kini dianggap sebagai lembaga pendidikan alternatif yang tak kalah berkualitas dibandingkan sekolah. Selain mendapatkan ilmu akademis, para santri pesantren juga akan mendapatkan pendidikan agama yang memadai. Anda pun tak perlu khawatir dengan peluang kerja setelah lulus dari pesantren. Karena sebenarnya lulusan pesantren juga memiliki prospek karier cemerlang.

Mau tahu tentang jenis-jenis pekerjaan yang cocok bagi santri pesantren? Inilah ulasannya!

Guru Agama

Sumber : Islamidia

Pengetahuan agama yang dimiliki lulusan pesantren pasti lebih memadai dibandingkan orang yang tidak mendapatkan pendidikan di lembaga tersebut. Oleh sebab itu, menjadi guru agama (ustaz) bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, seorang guru agama harus senantiasa fokus pada pelajaran mulia yang harus disampaikan ke murid-muridnya. Kalau Anda bercita-cita jadi guru agama, Anda juga harus memperkaya diri sendiri dengan beragam pengetahuan baru. Karena ilmu pengetahuan agama juga turut berkembang dan patut disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Baca Juga: 5 Modal yang Harus Dimiliki Seorang Visual Merchandiser

Teknisi Komputer

Sumber : Buruh Komputer

Lulusan pesantren masa kini bukan hanya memiliki ilmu agama yang baik. Lebih dari itu, pesantren juga kerap mengajarkan keterampilan lainnya yang sangat berhubungan dengan dunia kerja. Jika Anda sempat mempelajari seluk beluk komputer secara mendalam, berarti Anda bisa menekuni pekerjaan sebagai teknisi komputer. Walaupun terlihat sederhana, jenis pekerjaan ini sangat dibutuhkan di era modern. Menjadi teknisi komputer akan menjanjikan prospek karier cemerlang bila Anda pun rutin mempelajari teknologi baru.

Teknisi Servis Kendaraan Bermotor

Sumber : Kumparan

Selain komputer, kemampuan servis kendaraan bermotor juga sangat bermanfaat di dunia kerja. Anda dapat menekuni bidang pekerjaan ini jika Anda menyukainya. Semakin banyak pengalaman Anda, maka semakin mahir pula kemampuan servis kendaraan bermotor yang Anda miliki. Bukan mustahil jika seorang lulusan pesantren yang awalnya menjadi teknisi servis bisa merintis bisnis bengkel secara mandiri di masa mendatang.

Penulis

Sumber : Amaldoft WordPress

Jangan menganggap remeh pekerjaan sebagai penulis di zaman modern ini. Bukan hanya dapat menerbitkan buku, penulis juga sangat dibutuhkan untuk mendukung berbagai bidang bisnis. Konsep copywriting masih sangat dibutuhkan untuk mendukung promosi aneka produk dan jasa. Banyak orang mampu menekuni pekerjaan sebagai penulis meskipun hanya belajar secara otodidak. Jadi, para lulusan pesantren yang punya passion di bidang menulis pun dapat melakukannya.

Guru Les Privat

Sumber : Fatonah

Pekerjaan sebagai guru les privat juga cocok bagi lulusan pesantren. Waktu untuk menekuni pekerjaan ini tergolong fleksibel sehingga bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan. Lulusan pesantren dengan kemampuan akademis yang baik tak akan kesulitan menyesuaikan diri sebagai seorang guru les privat.

Selain kelima pekerjaan tersebut, tentu masih ada beragam jenis pekerjaan lainnya yang cocok untuk lulusan pesantren. Jadi, Anda sudah tahu kan bahwa Anda leluasa memilih bidang pekerjaan tanpa dibatasi oleh latar belakang pendidikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here