Pandemi Belum Berlalu, Ini Pekerjaan yang Paling Dicari di Tahun 2021

Pandemi COVID-19 belum diketahui kapan berakhir. Keberadaan pandemi tidak urung memengaruhi dunia kerja. Kabar perusahaan yang merumahkan dan memutus hubungan kerja (PHK) karyawannya sudah banyak terdengar dimana-mana.

Meski demikian, sebagai pencari kerja, kamu tidak perlu putus asa. Karena masih banyak perusahaan yang saat ini juga sedang membutuhkan karyawan.

Seperti diketahui, berbagai perusahaan saat ini sedang menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini ikut memengaruhi tren dunia kerja. Khususnya untuk posisi pekerjaan yang ditawarkan. Salah satunya adalah hybrid roles.

Apa sih hybrid roles itu dan apa saja posisi pekerjaan lain yang paling dicari di tahun ini? Berikut ini di antaranya.

Hybrid Roles: Pekerjaan Paling Dicari di Masa Pandemi

Di masa pandemi ini perusahaan beramai-ramai melakukan efisiensi untuk menghemat biaya. Pasalnya, pandemi yang terjadi sudah mengurangi penjualan produk/jasa yang dihasilkan. Akibatnya pemasukan perusahaan pun berkurang. Karenanya, perusahaan berusaha mengurangi penggunaan biayanya. Salah satunya adalah biaya gaji.

Karenanya, karyawan yang dibutuhkan adalah karyawan hybrid, alias karyawan yang memiliki lebih dari satu kemampuan. Sehingga karyawan tersebut bisa berperan ganda bagi perusahaan (hybrid roles).

Semisal, staf administrasi yang juga punya kemampuan sebagai staf marketing atau produksi. Contoh lain, content writer yang juga bisa berperan sebagai fotografer atau videografer.

Baca Juga: Tips Sukses Melamar Pekerjaan untuk Entry Level Job

Pekerjaan yang Bersentuhan dengan Teknologi

Beberapa posisi pekerjaan yang menggunakan kemampuan teknologi juga banyak dibutuhkan di masa pandemi ini. Seperti diketahui, pekerjaan yang bersentuhan dengan teknologi umumnya bisa dilakukan tanpa harus work from office.

Selain itu, untuk menyelesaikan pekerjaan ini tidak membutuhkan keterlibatan banyak karyawan, serta efektif dan efisien dalam penyelesaiannya. Sehingga hasil pekerjaan dapat langsung digunakan oleh perusahaan. Di antaranya, yaitu,

Digital Marketing Specialist

Pandemi membatasi daya beli masyarakat. Karenanya, banyak perusahaan yang membutuhkan digital marketing specialist untuk menggalakkan pemasaran produk/jasa nya lewat platform digital.

Creative Designer

Aktivitas pemasaran membutuhkan desain yang tepat untuk merealisasikan konsep pemasaran dan menarik perhatian calon konsumen. Untuk itu perusahaan membutuhkan keberadaan creative designer.

Data Analyst/Scientist

Beberapa perusahaan masih membutuhkan karyawan untuk mengelola data yang dimilikinya. Dalam hal ini kontribusi data analyst dibutuhkan untuk mengumpulkan serta menganalisa data. Sehingga perusahaan mendapatkan insight yang tepat untuk mengambil keputusan yang tepat pula.

Selain beberapa posisi pekerjaan diatas, masih ada beberapa pekerjaan lain yang juga paling dicari di tahun 2021 ini. Di antaranya, software developer, operasional, finance, dan human resource.

Nah, di antara beberapa posisi pekerjaan tersebut adakah yang menjadi pekerjaan idamanmu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here