Mengapa Lulusan Universitas Terkenal Cenderung Lebih Cepat Diterima Kerja?

Ada anggapan yang berkembang di masyarakat kalau para fresh graduate lulusan universitas terkenal cenderung lebih cepat diterima kerja. Meskipun anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar, nyatanya perusahaan memang mempertimbangkan latar belakang pendidikan saat melakukan seleksi karyawan. Sehingga kamu yang lulus dari universitas ternama cenderung diuntungkan dengan pertimbangan tersebut.

Kira-kira alasan apa saja yang membuat lulusan universitas terkenal lebih cepat diterima kerja dibandingkan orang yang berasal dari perguruan tinggi biasa?

Sistem Penilaian yang Lebih Ketat

Nilai yang didapatkan lulusan universitas terkenal dianggap tidak sembarangan karena sistem penilaiannya terbilang ketat. Sehingga nilai-nilai tinggi yang didapatkan para lulusan pasti berbanding lurus dengan kemampuannya saat bekerja.

Perusahaan tentu tak ingin mengambil risiko besar dengan mempekerjakan karyawan yang hanya unggul dari segi nilai-nilai akademis tetapi kemampuannya justru terbilang minim.

Baca Juga: Miris! 5 Hal Ini Membuat Fresh Graduate Minder ketika Mencari Kerja

Metode Pembelajaran yang Lebih Modern

Dunia kerja membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang peka terhadap perkembangan zaman. Lulusan universitas terkenal sudah beradaptasi dengan hal tersebut sejak masih menempuh pendidikan.

Metode pembelajaran yang modern menuntut seseorang untuk bersikap proaktif dan kreatif. Sehingga para lulusan tersebut memiliki kualitas di atas rata-rata dan tidak kesulitan beradaptasi dengan dunia kerja.

Mahir dalam Hal Penguasaan Teknologi

Bukan rahasia lagi kalau lulusan universitas terkenal juga terbilang unggul dalam hal penguasaan teknologi. Banyak implementasi teknologi yang diterapkan dalam proses belajar mengajar, mulai dari sistem absensi, kelas online, hingga akses materi pembelajaran.

Hal inilah yang membuat para lulusannya jadi mahir menguasai teknologi dan tak kesulitan mengikuti perkembangannya. Beradaptasi dengan sistem teknologi di dunia kerja bukanlah hal yang sulit dan menyita banyak waktu.

Pembentukan Karakter Pribadi Secara Konsisten

Universitas yang reputasinya baik tak hanya fokus mempersiapkan hard skill para lulusannya sebelum memasuki dunia kerja. Lebih dari itu, lulusan universitas terkenal juga mendapatkan banyak pelajaran tentang pembentukan karakter pribadi yang sejalan dengan kebutuhan dunia kerja. Pembentukan karakter selama kuliah akan menghasilkan SDM siap kerja yang profesional, penuh dedikasi, dan siap menghadapi berbagai tantangan besar.

Jangan kecil hati bila kamu tidak menempuh pendidikan di universitas terkenal. Justru kamu harus berusaha keras membuktikan bahwa kamu juga memiliki kemampuan kerja yang memadai. Fenomena lulusan universitas terkenal yang cepat diterima kerja menjadi pembelajaran berharga bagi kamu. Jadi, sebaiknya kamu menyiapkan kondisi finansial yang memadai supaya dapat menjamin kualitas pendidikan buah hatimu di masa mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here