Inilah Peluang Kerja Sampingan untuk Karyawan dengan Modal Minim

Kerja Sampingan

Kerja sampingan bisa menjadi alternatif yang baik bagi Anda yang merasa kebutuhan hidup kurang terpenuhi dengan gaji semata. Sejatinya, kerja sampingan ini bisa dilakukan oleh seorang karyawan sekalipun karena tidak ada larangan dari perusahaannya. Namun, jumlah karyawan yang memiliki kerja sampingan ini terbilang masih sedikit karena banyak yang terantuk dengan modal.

Tahukah Anda jika banyak kerja sampingan yang sebenarnya bermodal minim? Berikut ini adalah rekomendasi kerja sampingan yang bisa Anda lakukan sebagai seorang karyawan dengan modal minim.

5 Kerja Sampingan untuk Karyawan Bermodal Minim

1. Cuci Mobil / Motor

Cuci Motor
Sumber: Gilamotor

Sebagai negara yang beriklim tropis, tentunya bisnis ini pun tumbuh menjamur setiap tahunnya. Tingginya animo masyarakat yang lebih memilih untuk mengantre di tempat cuci mobil / motor, semata-mata karena hal itu jauh lebih praktis dan ekonomis.

Bergantung dengan konsepnya, sebenarnya modal yang Anda butuhkan bisa ditekan sedemikian rupa untuk membuka usaha ini. Peralatan utama yang Anda perlukan antara lain pompa air, kompresor, sabun cuci kendaraan, dan juga peralatan untuk semir ban. Jika Anda terbilang baru dalam bisnis ini, Anda bisa memulainya dengan membuka tempat cuci motor. Dengan perhitungan kasar, modal seminimal mungkin yang perlu Anda siapkan untuk membeli peralatan di atas adalah sekitar Rp 2 juta, sedangkan jika ingin tampil lebih profesional, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp 10 juta.

2. Cuci Kiloan / Jasa Laundry

Laundry Kiloan
Sumber: Bisnisukm

Dewasa ini, banyak keluarga yang lebih memilih untuk mengandalkan jasa laundry / cuci kiloan ketimbang melakukannya sendiri. Biasanya suami istri yang sama-sama bekerja tidak mempunyai waktu untuk sekedar mencuci dan menyeterika pakaian mereka. Praktis, bisnis laundry ini pun ramai akan pelanggan.

Modal yang Anda butuhkan untuk membuka jasa cuci kiloan yang sederhana sebenarnya tidak besar. Secara kasar, Anda membutuhkan sekitar Rp 8 juta untuk membeli mesin cuci tabung, pengering dan alat setrika. Namun yang menjadi kendala adalah lokasi dan pangsa pasar Anda. Anda harus pintar-pintar memilih tempat (jika ada modal lebih) atau melakukan riset terlebih dahulu di daerah Anda jika Anda hendak membukanya di rumah.

Baca Juga : Tips Mudah Membuat CV Lamaran Kerja untuk Lulusan SMA atau SMK

3. Berjualan Makanan /  Masakan Siap Santap

Nasi Kotak
Sumber: BukaLapak

Anda bisa melakukan kerja sampingan ini di pagi hari sebelum ke kantor ataupun di malam hari. Sebut saja jika Anda berjualan nasi kotak untuk sarapan di pagi hari, tentunya akan banyak para karyawan dan pekerja kantoran lainnya yang membeli dagangan Anda tersebut karena praktis. Beragam pilihan makanan bisa Anda sajikan seperti bubur ayam, nasi uduk, pecel, nasi kuning, lontong sayur dan sebagainya.

Modal yang diperlukan untuk memulai kerja sampingan ini juga tidak besar. Anda hanya memerlukan modal untuk membeli bahan-bahan makanannya. Jika Anda membuka kerja sampingan ini di halaman rumah Anda, maka Anda tak perlu pusing-pusing memikirkan akomodasinya. Modal yang Anda perlukan untuk membuka bisnis ini biasanya dimulai dari Rp 4 juta dan keuntungan yang bisa Anda peroleh bisa mencapai setengahnya.

4. Jualan Pulsa Elektrik

Jualan Pulsa Elektrik
Sumber: Blogspot

Kerja sampingan yang satu ini bisa dibilang bisnis yang paling gampang untuk dilakukan dan tak memerlukan modal banyak. Selain fleksibel, Anda juga tak memerlukan tempat jika Anda berbisnis pulsa elektrik. Anda bisa memanfaatkan koneksi Anda dan mulai memasarkan bisnis Anda dimulai dari kerabat-kerabat terdekat Anda.

Modal yang diperlukan juga cukup minim. Biasanya dengan modal Rp 1 juta saja, Anda sudah bisa memulai kerja sampingan ini.

5. Jasa Mengajar / Les Privat

Ibu mengajari anak membaca

Umumnya, para mahasiswa banyak yang sudah melakukan kerja sampingan ini. Namun, tidak terbatas untuk mahasiswa saja, sebagai karyawan tentunya Anda pun bisa memulai bisnis ini. Anda bisa memberikan jasa les privat untuk pelajaran-pelajaran sekolah maupun les bahasa asing sesuai dengan kemampuan Anda.

Dengan tingginya angka pertambahan penduduk di Indonesia, tentunya kebutuhan akan pendidikan pun terus menjamur. Untuk membuka jasa privat ini bisa dimulai tanpa modal sekalipun. Ya, bila Anda bersedia datang ke rumah murid Anda, maka hampir tidak ada modal awal yang Anda perlukan selain ongkos perjalanan Anda ke rumah murid tersebut.

Itulah 5 kerja sampingan yang bisa dilakukan seorang karyawan dengan modal minim. Kerja sampingan manakah yang menjadi pilihan Anda?