Kerja di Generali, Ada Kesempatan Naik Karier dari Kegagalan

Suzwamela Zawawi (ketiga dari kiri) menjalani international mobility bersama Generali Italia. (FOTO: dok. pribadi).

Generali Indonesia tak cuma-cuma mengirim karyawannya ke kantor regional atau cabang di seluruh dunia. Pengalaman international mobility Suzwamela Zawawi di Italia selama empat bulan berbuah ilmu yang siap ia terapkan ke dalam timnya di Generali Indonesia. Salah satunya, pembelajaran untuk naik karier di tengah kegagalan.

Program international mobility memang salah satu apresiasi yang diberikan Generali kepada karyawannya untuk mengembangkan kemampuan dan kompetensi di luar negeri. Suzwamela melakoni international mobility bersama divisi Product Development Generali Italia, yang terletak di kota Mogliano Veneto, Italia. 

Tak hanya fokus belajar pengembangan produk, Suzwamela mengaku terinspirasi atas budaya kerja yang diterapkan rekan-rekannya di Generali Italia. Ia semakin memahami bahwa kesalahan yang terjadi dalam proses kerja bukan berarti sebuah kegagalan semata. Sebaliknya, kesalahan bisa dijadikan sebagai batu loncatan karier. Syaratnya, kesalahan tersebut harus dihadapi dengan self empowerment

Baca Juga: Kembangkan Karier Lewat International Mobility, Gimana Caranya Ya?

Apa itu self empowerment? Self empowerment merupakan kemampuan seseorang mengontrol dirinya dan menghadapi permasalahan yang dihadapi secara positif. Self empowerment didukung dengan kepercayaan diri dan pola pikir untuk melakukan sesuatu yang lebih baik. Sehingga self empowerment akan melahirkan kebahagiaan dan kesuksesan.

Dari pengalamannya bekerja di Generali Italia, Suzwamela menyadari self empowerment menjadi modal seseorang untuk mengemban tanggung jawab besar, salah satunya sebagai pemimpin tim.

“Saya melihat mereka (Generali Italia, red) sangat mandiri, bertanggung jawab, dan self empowerment. Mereka tidak menunggu perintah dari atasannya, tahu bagaimana membangun keselarasan dengan para sponsor dan atasannya. Tidak perlu bolak-balik meminta tuntunan dari atasannya,” ujar Suzwamela.

“Misalnya, sempat terjadi misalignment di lapangan, mereka tidak langsung minta tolong ke atasannya, tetapi datang dengan solusi. Alih-alih minta solusi, mereka datang mengajukan solusi. Ini menjadikan mereka memiliki kemampuan untuk lead team dari berbagai department dengan berbagai background, bahkan bisa tembus berbagai macam negara,” tuturnya. 

“Ketika saya tanya kepada rekan yang melakukan kesalahan, apakah ia merasa takut? Ia justru menilai ini kesempatannya untuk bersinar dengan memerbaiki kesalahan tersebut. Cara ia menanggapi sebuah masalah membuat saya kagum. Kesalahan dilakukan sebagai batu loncatan untuk bersinar melalui solusi yang ia tawarkan,” ceritanya.

Baca Juga: Karier atau Keluarga? Working Mom di Generali Indonesia Bisa Keduanya

Cara Generali Menerapkan Smart Working Methodology

Kepada rekan-rekannya di Generali Indonesia, Suzwamela mengajak untuk lebih mengembangkan self empowerment. Terutama di masa pandemi yang mengharuskan karyawan Generali untuk tetap work from home. Melalui self empowerment, proses kerja jarak jauh bisa lebih efektif. Suzwamela juga menekankan pentingnya menjaga komunikasi selama work from home.

Memaksimalkan work from home juga dipelajari Suzwamela dari Generali Italia yang menerapkan smart working methodology. Generali Italia menerapkan smart working dengan memberi kebebasan untuk tiap departemen membuat kebijakan pengaturan bekerja di kantor maupun di rumah. Smart working methodology ini sudah berlaku sejak sebelum pandemi mengingat besarnya cakupan perusahaan Generali Italia yang juga tersebar di kota Roma dan Milan. 

“Contohnya, divisi Product Development sendiri terbagi menjadi tiga bagian besar. Pusatnya di Veneto, dan ada juga di Roma dan Milan. Sehingga ketika diskusi mereka membutuhkan smart working methodology untuk bisa terhubung satu sama lain. Mereka telah menyiapkan perangkat kerja, termasuk untuk karyawan penyandang disalibilitas,” bilang Suzwamela.

Peluang kerja untuk penyandang disabilitas juga diberikan Generali Indonesia. Ini sebagai bentuk komitmen, keberagaman, serta inclusion yang dimiliki perusahaan.

Beragamnya peluang kerja yang ditawarkan Generali merupakan komitmen perusahaan untuk membangun sumber daya manusia yang berkompeten, kreatif, dan mandiri. Tertarik untuk bergabung dengan Generali?

Join Us Now!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here