Ini Alasan Verstappen Ingin Jajal MotoGP

Pembalap F1 Jajal MotoGP
Source: redbull

Pembalap F1, Max Verstappen, berkeinginan untuk menjajal MotoGP. Kendati demikian, pihak sponsor melarang pembalap Formula 1 itu untuk mengendarai salah satu motor MotoGP.

Sensasi ngebut di atas motor MotoGP sudah menjadi impian Verstappen semenjak kecil. Oleh karenanya tahun lalu Verstappen pernah blak-blakan menyatakan niatnya untuk menjajal MotoGP.

“Menjajal MotoGP sedikit berbahaya, tentunya, tapi sudah pasti saya ingin mencobanya,” ucap Verstappen seperti dikutip Motorsport.

“MotoGP adalah dunia yang berbeda tapi saya senang berada dekat dengan lintasan dengan lutut hampir menempel lintasan,” tambah Verstappen menjelaskan alasan mengapa dirinya ingin menjajal MotoGP.

Pembalap F1 Jajal MotoGP

Kendati demikian, keinginan Verstappen untuk melaju diatas motor MotoGP nampaknya tidak akan bisa terlaksana dalam waktu dekat ini. Pasalnya, pihak sponsor Verstappen yakni Red Bull mencegah pembalap asal Belgia untuk menaiki motor MotoGP dengan alasan keselamatan.

Red Bull sendiri merupakan sponsor dari beberapa tim MotoGP. Di antaranya adalah Honda dan KTM. Red Bull juga merupakan pemilik sirkuit Red Bull Ring, Austria.

Pembalap F1 Jajal MotoGP
Foto: sportyou

Verstappen belum lama ini berhasil naik ke podium di GP Jepang yang digelar pada pekan lalu. Berada di tempat ketiga, catatan waktu Verstappen berhasil mengalahkan catatan waktu rekan setimnya, Daniel Ricciardo yang masuk finish di posisi keempat. Lewat keberhasilan menaiki podium di Jepang, Verstappen kini berada di posisi kelima klasemen pembalap sementara dengan dengan torehan 173 poin.

Soal MotoGP, selama ini tercatat tidak banyak pembalap F1 yang diberi kesempatan menjajal MotoGP. Salah satunya adalah Fernando Alonso. Alonso yang saat itu masih menjadi pembalap McLaren berkesempatan menunggangi RCV213 milik tim MotoGP Honda. Honda tadinya adalah penyuplai mesin McLaren.

Baca Juga: Ini Alasan Sebenarnya Alonso Pensiun dari Balapan F1

Sebaliknya, cukup banyak pembalap MotoGP yang diberikan kesempatan untuk menaiki mobil F1. Belum lama ini Honda telah menjembatani dua pembalap Repsol Honda untuk mengendarai mobil F1. Kedua pembalap itu adalah Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Marquez dan Pedrosa diberi kesempatan untuk menjajal mobil Toro Rosso.

Sebelumnya, Valentino Rossi juga telah beberapa kali diberi kesempatan untuk menaiki mobil F1 milik tim Ferrari. Rossi tercatat mengendarai mobil F1 sebanyak enam kali. Rossi bahkan pernah membuat kejutan dengan mencatatkan waktu lap 1 menit 25,200 detik. Catatan waktu tersebut hanya berselisih 0,4 detik dari catatan waktu yang pernah dibuat Kimi Raikkonen dengan menggunakan mobil yang sama.

Beri komentar Anda tentang artikel ini