Millennial Tertarik Kerja di BUMN? Ternyata Ini Alasannya

millennial bumn
Ilustrasi pekerja kantoran millenial

Kaum millennial memiliki karakteristik unik ketika masuk ke dunia kerja. Karakter millennial di dunia kerja selalu menjadi bahan perbincangan yang tidak ada habisnya. Maklum, di satu sisi kaum millennial memandang generasinya sebagai generasi yang dinamis, fleksibel, menyukai tantangan, dan ingin mencapai aktualisasi diri yang lebih tinggi.

Sedangkan generasi di atasnya, let’s say generasi X atau baby boomers menganggap kaum millennial hanya suka bersenang-senang dan cenderung kurang berdedikasi termasuk dalam pekerjaan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dale Carnegie Indonesia kepada 1.200 karyawan millennial dan non-millennial, ternyata hanya 25% karyawan millennial yang memiliki totalitas terhadap pekerjaan.

Jenis perusahaan juga menjadi bahan pertimbangan bagi millennial dalam memutuskan akan berkarir di dalamnya atau tidak. Kebanyakan saat ini millennial tertarik melirik perusahaan yang tidak memiliki aturan ketat, bergerak dalam bidang digital, bahkan start-up yang kini sedang naik daun dan terus berkembang.

Baca Juga: Peresmian The Telkom Hub oleh Jokowi : Potensi Digital Indonesia Besar, Jangan Mau Ketinggalan

Namun, ada juga millennial yang melirik perusahaan sejenis Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Meski awalnya menganggap perusahaan BUMN cenderung diisi oleh generasi X, namun ternyata perusahaan BUMN menjadi tempat yang cukup menjanjikan bagi millennial untuk meniti karir. Karena itu, mulai banyak perusahaan BUMN yang menyesuaikan kondisi dan suasana kerja agar nyaman bagi pekerja millennial.

Seperti PT Telkom Indonesia Tbk yang menyadari bahwa potensi millennial untuk berkarir dan menjadi pemimpin pada perusahaan BUMN sangat besar. Maka, perusahaan berusaha untuk membuat nyaman para pekerja millennial salah satunya dengan membuat workplace senyaman dan sekreatif mungkin.

Menurut salah seorang karyawan PT Telkom Indonesia Tbk yang enggan disebut namanya ketika ditemui Job-Like Magazine dalam Forum Millennial di The Telkom Hub, sejauh ini ia melihat tempat kerja yang fun dan kreatif menjadi penyemangat baginya dan rekan kerja sesama millennial, perusahaan berusaha menciptakan suasana yang nyaman dan kreatif untuk para karyawannya.

“Begitu masuk saya surprise juga. Pas masuk ternyata kondisi ruangannya itu tidak seperti yang kita bayangkan. Kondisi ruangan justru fun. Lalu workplace-nya juga seperti perusahaan Google yang fun, kreatif, dan challenging. Menurut saya itu suasana yang dibutuhkan oleh millennial.”

Suasana kantor di The Telkom Hub cocok untuk millennial

Selain suasana kerja yang menyenangkan dan dinamis, para karyawan millennial pun haus dengan pelatihan pengembangan diri dan karir. Seperti yang disampaikan oleh David Nurmanto yang sudah 2 tahun bekerja sebagai Account Executive di PT Pos Indonesia area Bekasi.

“Kalau di PT Pos Indonesia sendiri setiap sebulan sekali diadakan training seperti leadership, pengembangan layanan baru bagi para pelanggan, dan sebagainya. Selain itu, kita juga sering mengikuti workshop yang diadakan 6 bulan sekali untuk memberikan wawasan baru kepada karyawan. Seperti workshop pengenalan teknologi sehingga kita selalu update perkembangan zaman.”

Presiden Joko Widodo bersama millennial BUMN

Kementerian BUMN menggagas program The Spirit of Millennial yang melibatkan 10.000 millennial BUMN dengan melaksanakan program pemberdayaan millennial BUMN secara berkala.

Dukungan bagi para karyawan millennial di perusahaan BUMN diamini oleh Direktur Utama PT Telkom Indonesia Tbk, Alex J. Sinaga yang menyadari bahwa millenial merupakan aset penting dalam mendukung perkembangan inovasi di kalangan perusahaan BUMN.

“Kami menyadari bahwa millennial merupakan aset penting bagi BUMN untuk menghadapi tantangan era digital sekaligus mengisi era revolusi industri 4.0. Sehingga, seluruh BUMN melakukan inisiatif dan inovasi untuk memaksimalkan partisipasi millenial dalam pengembangan perusahaan dan kemajuan BUMN ke depan,” sebut Alex J. Sinaga, Direktur Utama PT Telkom Indonesia Tbk dalam siaran pers peresmian The Telkom Hub.

Beri komentar Anda tentang artikel ini