Berniat Kudeta, Pemerintah Venezuela Serang Demonstran di Hari Buruh

pemerintah Venezuela
Sumber: www.cnnindonesia.com

Bertepatan dengan Labor Day atau Hari Buruh Internasional yang jatuh pada Rabu (1/5), sejumlah massa di Venezuela menggelar aksi unjuk rasa di jalan-jalan ibukota Caracas. Aksi ini juga diikuti oleh masyarakat dari beragam profesi yang ingin menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah Venezuela.

Para demonstran menekan pemerintah Venezuela agar segera mengatasi krisis ekonomi ekstrem yang sedang terjadi. Sayangnya, aksi berakhir ricuh karena para demonstran terindikasi ingin melakukan kudeta terhadap kepemimpinan Presiden Nicolas Maduro.

Pemerintah Venezuela Menyerang Demonstran dengan Mobil Baja

Dikutip dari berbagai sumber, untuk menangkal aksi kudeta oleh para demonstran, pemerintah Venezuela bertindak tegas dengan menyerang menggunakan mobil berlapis baja. Para pengunjuk rasa yang terjun di jalan ditabrak secara membabi buta dengan mobil-mobil tersebut.

Sontak, massa pun berhamburan menghindari terjangan mobil baja. Video amatir yang memperlihatkan tragedi ini beredar di media sosial. Dalam rekaman video terlihat beberapa korban yang tertabrak dan tergilas mobil baja.

Baca Juga: Venezuela Menjadi Negara Produsen Minyak Pertama di Dunia yang Gagal Total

Berusaha melawan, sejumlah massa melempari mobil baja tersebut dengan batu dan kayu. Meski demikian, upaya massa sepertinya percuma, mengingat mobil-mobil baja tersebut terbuat dari besi yang kuat, sehingga tidak berdampak apapun. Sementara, sejumlah massa lainnya berusaha menolong rekan mereka yang tertabrak.

Sejauh ini, tidak diketahui ada korban jiwa atau tidak. Namun, bisa dipastikan puluhan demonstran mengalami luka-luka. Hari Buruh Internasional yang seharusnya ditujukan untuk menyampaikan aspirasi kepada pemerintah, justru berubah menjadi sebuah aksi kudeta.

Venezuela memang tengah dilanda krisis ekonomi ekstrem dan dinyatakan bangkrut. Pemicunya adalah turunnya harga minyak dunia yang signifikan. Selain itu, sumber minyak bumi di Venezuela juga sudah kian menipis, sehingga pemerintah tidak bisa lagi mensubsidi kebutuhan masyarakatnya.

Padahal, hasil minyak bumi menjadi sumber penghasilan utama Venezuela. Sebelum krisis terjadi, pemerintah gencar melakukan subsidi dalam banyak sektor seperti bahan bakar dan bahan makanan pokok. Bahkan mereka menggaji warganya yang berstatus pengangguran.

Baca Juga: Venezuela Dijatuhi Sanksi AS Setelah Maduro Menang Pemilu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here