Wow! Ini 5 Alasan Mengapa Kamu Pengen Mengonsumsi Makanan Manis

Apakah kamu pernah merasa tergila-gila dengan sesuatu yang manis? Sugar cravings adalah dimana seseorang ingin mengonsumsi makanan manis atau gula tanpa bisa menahannya. Ini bisa terjadi pada siapa saja, termasuk kamu. Sulit mengabaikan sugar cravings. Gejalanya mirip seperti wanita hamil yang tengah mengidam sesuatu untuk dimakan.

Namun kondisi ini tidak terjadi tanpa alasan, ada faktor penyebab yang membuat seseorang merasakan gejala sugar cravings ini. Berikut ini beberapa alasan mengapa kamu ingin mengonsumsi makanan manis atau sugar cravings:

Stres dan Mood yang Buruk

Saat seseorang merasa depresi, stres, tertekan atau setidaknya merasakan mood yang buruk maka makanan manis menjadi solusinya. Ini bukan hanya karena kamu menyukai permen atau cokelat saja, tapi mengonsumsi makanan manis bisa meningkatkan pelepasan serotonin.

Serotonin berperan penting dalam mengendalikan suasana hati. Saat kamu menerima sedikit peningkatan serotonin, maka perasaan akan lebih tenang dan bahagia. Sayangnya makanan manis seperti permen atau biskuit tidak terlalu dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin.

Maka dari itu gantilah beberapa camilan manis kamu dengan sumber serotonin yang lebih aman seperti walnut, salmon, pisang atau teh hijau.

Asupan Karbohidrat yang Tidak Memadai

Bagi mereka yang tengah melaksanakan program diet, karbohidrat menjadi salah satu yang dihindari. Namun tubuh membutuhkan asupan karbohidrat agar tetap berfungsi dan bertenaga.

Jika karbohidrat tidak mencukupi, maka akan muncul perasaan ingin mengonsumsi sesuatu yang manis seperti kue, muffin atau permen gula. Pada akhirnya diet tersebut gagal jika kamu tidak mampu menahan untuk mengonsumsi sesuatu yang manis dan berkalori tinggi.

Baca Juga: Selain Gendut, Ini 5 Gangguan Kesehatan karena Konsumsi Banyak Gula

Akibat Kurang Tidur

Ternyata saat seseorang tidak mendapatkan tidur yang cukup, maka ini akan menghasilkan hormon kelaparan yang berlebih. Artinya memiliki nafsu makan yang lebih tinggi dibanding biasanya dan kebanyakan makanan yang diinginkan adalah sesuatu yang manis.

Penelitian juga menemukan bahwa kurang tidur memiliki dampak langsung pada bagian pengambilan keputusan yang rasional dari otak, sehingga membuat seseorang lebih rentan untuk memilih makanan yang tidak dibutuhkan tubuh.

Defisiensi Zat Besi

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa defisiensi zat besi akan membuatmu merasa lesu dan merusak tingkat energi tubuh. Ketika kamu menderita energi rendah cukup lama, tubuh akan mulai mencari apa pun yang memberikan tubuh energi sementara. Nah, gula menjadi pilihan paling favorit diantara jenis makanan lainnya.

Kurang Asupan Protein

Sama pentingnya dengan karbohidrat, tubuh juga membutuhkan asupan protein yang cukup. Terutama ketika kamu mengidam gula, dimana konsumsi protein sangat penting untuk menjaga agar kadar gula darah tetap stabil sepanjang hari.

Jika kamu melewatkan asupan protein, kemungkinan hasrat untuk mengonsumsi makanan manis akan timbul di sore hari. Sebaliknya jika kamu mengonsumsi protein dan lemak maka itu membantu mencegah terhadinya sugar cravings di kemudian hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here