Berbagi Pengalaman Bekerja di Indonesia dari Sudut Pandang Ekspat

Berbagi Pengalaman Bekerja di Indonesia dari Sudut Pandang Ekspat
Antonio Mazza, IT HR HR Consultant

Ciao!

Hai, perkenalkan nama saya Antonio Mazza. Saya seorang ekspatriat dari Italia. Saya berasal dari kota kecil di selatan Italia, Cosenza. Saya menempuh pendidikan S1 dan S2 di Universita Cattolica del Sacro Cuore, Milan.

Pengalaman kerja di luar negeri, sudah saya lakukan sejak tahun 2013. Saya pernah bekerja di Singapura, London, dan sekarang di Indonesia! Saya bekerja di Indonesia sejak tahun 2015. Saat ini, saya bekerja sebagai Manager Rekrutmen bidang IT pada sebuah perusahaan konsultan HR di Jakarta.

Saya sangat senang melakukan pekerjaan ini. Rekruter merupakan pekerjaan yang sebenarnya sederhana. Dasar bisnis kami, yaitu people oriented. Kami menggunakan jaringan dari berbagai universitas unggulan di Indonesia. Kami juga melakukan sourcing (pencarian kandidat) melalui media sosial.

Sebagai rekruter, saya harus melakukan pendekatan kepada setiap kandidat. Selain harus bergerak dengan cepat untuk mendapatkan kandidat yang cocok dengan klien, saya juga harus memahami budaya masyarakat Indonesia agar lebih bisa dekat dengan klien maupun kandidat.

Berbagi Pengalaman Bekerja di Indonesia dari Sudut Pandang Ekspat
Sumber: dok. Robert Walters Indonesia

Empat tahun bekerja di Indonesia, apakah saya rindu Italia?

Rindu pasti. Saya merindukan masakan Italia dan keluarga. Saya menyempatkan untuk berkeliling kota mencari restoran Italia yang otentik. Namun, di balik home sick ini saya merasakan adanya kesamaan budaya masyarakat Indonesia dengan orang Italia.

Baca Juga: Mau Merasakan Kerja Ala “Made In Germany”? Ini Ceritanya

Misalnya, orang Indonesia dan orang Italia sama-sama berpikiran terbuka, sangat hangat, dan family oriented. Saya jadi merasa betah tinggal di Indonesia.

Selain dikelilingi oleh orang-orang yang menyenangkan, Indonesia juga memiliki potensi yang besar dalam bisnis ini. Semua yang saya pelajari tentang Indonesia, memudahkan saya dalam melakukan profesi ini. Karena kita setiap hari berhubungan dengan orang, bukan?

Saya juga jatuh cinta kepada Indonesia karena budayanya sangat menarik dan sangat beragam. Mulai dari bahasa yang memiliki aksen berbeda-beda sampai makanannya. Setiap kelompok memiliki kultur yang berbeda dan saya merasakan terus belajar hal-hal baru di sini.

Bekerja di negara lain dengan segala perbedaan sebenarnya sangat menyenangkan. Yang terpenting, kita harus mau mencoba apapun. Just do it! Jangan pernah berhenti belajar. Mungkin kita akan mengalami gagal tetapi hidup tidak pernah benar-benar berakhir karena kegagalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here