Bidikan Jitu Head Hunter, Bantu Perusahaan Kenali Potensi Kandidat

Apa yang Anda Ketahui Tentang Head Hunter? Penjelasannya Ada di sini

Meet Christian, Head Hunter & Recruitment Specialist Job-Like.com! 

Komunikasi menjadi poin terpenting dalam menjalani profesi sebagai seorang head hunter. Mendalami karakter manusia merupakan bagian terseru dari pekerjaan yang ia jalani selama 1,5 tahun terakhir.

Sebagai seorang head hunter, Christian harus jeli dalam melihat kebutuhan perusahaan dan peluang dari para kandidat yang siap ditempatkan di perusahaan baru, yang tentunya lebih baik.

Diakui Christian, sistem kerja Head Hunting tidak pernah berubah dari zaman dulu. Bisa dibilang ini merupakan legacy business. Namun, yang terpenting bagi seorang head hunter yaitu bisa memenuhi kebutuhan kandidat dan klien sekaligus. It’s about mutual benefit.

“Keduanya aset berharga bagi seorang head hunter. Kalau klien puas, mereka sangat terbuka untuk memberikan proyek selanjutnya. Sementara, kalau untuk kandidat kami sudah menganggapnya seperti teman. Jadi, kalau ada tawaran pekerjaan yang lebih baik lainnya kami bisa menawarkannya kembali,” kata Chris.

Apa yang Anda Ketahui Tentang Head Hunter? Penjelasannya Ada di sini
Christian Mangapul, Head Hunter & Recruitment Specialist

Meski Chris sangat passionate menekuni pekerjaannya, namun setiap profesi pasti memiliki tantangannya masing-masing. Dengan terbuka, Chris menjelaskan beberapa tantangan yang dialami head hunter.

“Tantangan utamanya harus bisa memberikan kepuasan baik kepada kandidat maupun klien. Selain itu, memang ada beberapa posisi yang sulit dicari. Pertama, karena jarang sekali ada di pasaran pasalnya permintaan lebih banyak dari penawaran, seperti profesi di bidang teknologi. Karena tujuannya memberikan kepuasan kepada dua belah pihak, jadi meskipun sulit harus selalu diusahakan.”

Sulitnya mencari tenaga kerja di bidang-bidang tertentu dibenarkan oleh Shelly Silviah, head hunter lainnya di Job-Like.com.

Baca Juga: Life at Job-Like.com: Menjadi Media Rezeki untuk Banyak Orang

Apa yang Anda Ketahui Tentang Head Hunter? Penjelasannya Ada di sini
Shelly Silviah, Head Hunter & Recruitment Consultant

“Yang paling sulit untuk dicari saat ini misalnya untuk posisi IOS Developer. Karena SDM-nya masih sedikit dan ada ‘perang tarif’ untuk memperebutkan posisi itu. Selain itu, kita harus mengikuti ritme klien. Bisa saja, kita sudah memberikan data kandidat kepada klien namun prosesnya sedikit lama. Tantangan-tantangan seperti itu sudah biasa kami alami,” jelas Shelly.

Shelly memulai karirnya di Job-Like.com sejak Februari 2019. Ia merupakan recruitment specialist dalam bidang IT. Sebelumnya, ia merupakan seorang Talent Acquisition yang mengurusi pencarian kandidat, screening, interview, negosiasi gaji dan benefit, sampai karyawan tersebut masuk ke dalam perusahaan.

3 Keahlian yang Dibutuhkan oleh Seorang Head Hunter

Jika Anda berminat untuk menapaki karier seperti Chris dan Shelly, sebaiknya Anda memiliki karakter-karakter ini.

Dapat Berkomunikasi dengan Baik

Keterampilan komunikasi yang baik harus dimiliki karena pekerjaannya akan selalu dikelilingi oleh orang-orang yang berbeda setiap harinya. Dengan keterampilan komunikasi, seorang head hunter dapat mempersuasi kandidat maupun klien agar bersedia untuk bekerja sama.

Terampil Bernegosiasi 

Memutuskan bekerja di ranah head hunting, berarti Anda harus siap untuk menjalin relasi baik kepada klien maupun kandidat tanpa pandang bulu. Cara bernegosiasi yang baik dapat membantu seorang head hunter dalam memberikan kepuasan layanan kepada kedua belah pihak.

Terampil Menganalisa

Cocok tidaknya kandidat dengan perusahaan yang dipilihkan atau sebaliknya, menjadi poin penting bagi head hunter. Terampil dalam menganalisa sebab-sebab keberhasilan maupun kegagalan, dapat menjadi jalan menuju sukses bagi seorang head hunter.

“Selain itu, harus siap bekerja di bawah tekanan, senang untuk berbincang dengan orang lain, pantang menyerah, percaya diri, menyukai tantangan dan hal-hal baru serta senang membantu orang. Di Job-Like kami berusaha agar kandidat bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih untuk kehidupan yang lebih baik pula,” tutur Chris.

Setiap pekerjaan memiliki dampak bagi lingkungan dan masyarakat. Begitupun dengan profesi head hunter. Di balik istilah “bajak membajak” tenaga kerja di perusahaan, namun profesi ini ternyata banyak memberikan dampak positif kepada seseorang untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

“Ada kepuasan tersendiri kalau melihat kandidat yang kita dampingi akhirnya direkrut oleh perusahaan yang lebih baik. Apalagi kalau mereka menyampaikan rasa terima kasihnya karena telah dilayani dengan baik. Seneng banget sih. Saya jadi merasa lebih berarti dengan melakukan pekerjaan ini,” jelas Shelly.

“Pengalaman paling berkesan ketika kita bisa memberikan pekerjaan yang lebih baik untuk orang lain. Penghasilan mereka bertambah dan bisa mendapatkan hidup yang lebih baik dari sebelumnya. Selain itu, kita juga memberikan kesempatan bagi mereka untuk berkembang dan memberikan impact untuk sekitar,” tambah Chris.

Tertarik ingin menjadi head hunter di Job-Like.com? 

“Kami selalu terbuka dengan siapapun karena kami mendukung perkembangan setiap karyawan. Suasana kekeluargaan akan kami pertahankan agar tim head hunting di Job-like.com semakin solid.”
Christian Mangapul, Head Hunter Job-like.com

“Meskipun sebagai head hunter kami memiliki target personal, tetapi tim head hunting di Job-like.com tetap bekerja sama dan saling membantu. Terasa sekali suasana gotong royong.”
Shelly Silviah, Head Hunter Job-like.com

Dukung Mereka!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here