Duh, Jumlah Pengangguran Para Lulusan Sarjana Indonesia Meningkat

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis angka pengangguran sepanjang tahun 2019 ini. Berdasarkan data yang dilansir dari BPS, angka pengangguran di Indonesia menurun sebanyak 5,01 persen atau sekitar 50 ribu orang sejak satu tahun belakangan.

Saat ini, jumlah pengangguran di Indonesia tercatat sebanyak 6,82 juta orang. Meski secara nasional angka pengangguran menurun, namun dari jumlah pengangguran yang ada saat ini rata-rata memiliki taraf pendidikan sarjana atau diploma. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Mengapa Jumlah Pengangguran di Indonesia Dikuasai oleh Sarjana?

Seperti yang dilansir Katadata, angka pengangguran di Indonesia menyentuh di angka 6,82 juta jiwa. Dari angka tersebut lebih dari 50 persen merupakan lulusan sarjana dan diploma. Tentu hal ini menimbulkan sejumlah polemik.

Yang menjadi penyebab utama lulusan sarjana menganggur adalah rasa ketidaksetiaan generasi milenial yang kerap berpindah pekerjaan.

Baca Juga: 5 Solusi untuk Anda yang Membenci Pekerjaan, Cobalah!

Banyak lulusan sarjana yang merasa bahwa dirinya kompeten, sehingga ia berusaha mencari kantor baru dengan harapan bisa mendapatkan gaji yang lebih baik dari sebelumnya. Sebenarnya pola pikir seperti ini tidaklah salah, namun terkadang tidak berjalan mulus.

Setelah resign dari pekerjaannya, nyatanya takdir berkata lain. Lulusan sarjana tersebut justru malah kesulitan memperoleh pekerjaan karena tuntutan gaji yang tinggi. Inilah salah satu penyebab banyaknya lulusan sarjana yang menganggur.

Selain itu, faktor lainnya adalah tipikal lulusan sarjana yang kerap memilih-milih pekerjaan. Beda halnya dengan lulusan SMA atau sederajat, yang lebih menerima pekerjaan dalam lingkup dan bidang apapun.

Sedangkan, para lulusan sarjana kerap menginginkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang dan kemauannya. Tak ayal hal ini juga membuat mereka sulit memperoleh pekerjaan. Alhasil, mereka menjadi pengangguran.

Sumber: job-like

Dari fakta-fakta di atas, tak heran jika jumlah pengangguran di Indonesia saat ini lebih didominasi oleh lulusan sarjana dan diploma. Di zaman yang serba bersaing seperti sekarang ini, ada baiknya untuk bersikap bijak dalam melihat setiap kesempatan yang ada.

Oleh karena itu, jika saat ini kamu sedang mencari pekerjaan, kamu bisa melihat ribuan lowongan kerja di Job-Like yang sesuai dengan bidang dan kemampuan kamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here