5 Makanan Pengganti Daging yang Cocok untuk Vegetarian

Sudah pernah mencoba hidup sebagai vegetarian? Buat yang belum terbiasa makan tanpa mengonsumsi daging, rasanya menjadi vegetarian adalah hal yang mustahil. Bayangkan saja, menu setiap hari harus dijaga dan lebih didominasi oleh sayuran. Kira-kira enak nggak ya?

Bagi vegetarian yang pantang memakan daging, ternyata ada loh beberapa makanan pengganti daging yang tidak kalah enak. Makanan-makanan tersebut bahkan bisa disulap menjadi hidangan yang biasa kamu temui sebagai olahan daging. Tidak percaya? Berikut beberapa makanan pengganti daging yang cocok untuk vegetarian.

Tempe, Makanan Pengganti Daging yang Menjadi Primadona

Makanan favorit orang Indonesia ini ternyata menjadi kesukaan para vegetarian. Kandungan protein yang tinggi di dalam tempe menjadikan makanan yang berasal dari kedelai ini layak dikonsumsi untuk menggantikan daging. Tidak salah kalau banyak menu vegetarian yang mengandalkan tempe sebagai bahan utamanya.

Olahan tempe untuk vegetarian juga beragam kok. Tidak hanya disajikan sebagai tempe goreng saja loh. Beberapa olahan tempe yang enak antara lain nugget tempe, steak tempe, sate tempe, hingga jus tempe. Pernah mencobanya?

Makanan Enak Juga Bisa Dibuat dari Bahan Tahu

Nah, kalau “saudara” dari tempe ini juga bisa dijadikan sebagai makanan pengganti daging. Sama halnya dengan tempe, tahu juga memiliki kandungan protein yang baik dikonsumsi vegetarian. Selain protein, di dalam tahu juga mengandung nutrisi dan serat loh.

Beberapa restoran vegetarian juga banyak menyediakan menu olahan tahu. Menu tersebut antara lain steak tahu, bakso tahu, nugget tahu, dan lain-lain. Ternyata tahu juga bisa menjadi makanan enak layaknya daging ya.

Jamur Juga Cukup Populer sebagai Makanan Pengganti Daging

Keberadaan jamur juga tidak mau kalah populer dibandingkan tempe dan tahu. Dikenal sebagai makanan dengan rendah kalori dan bebas lemak, jamur mudah sekali diaplikasikan menjadi makanan untuk para vegetarian. Bahkan, ada beberapa orang yang menyebut kalau jamur sangat “sempurna” untuk menggantikan daging.

Rasa jamur yang lezat dan lembut memang membuatnya pantas disejajarkan dengan daging. Berbagai olahan jamur pun selalu enak, sebut saja tumis jamur, sate jamur, hingga menjadi isian dalam burger. Lidah bisa dimanjakan dengan kelezatan jamur nih.

Kandungan Protein di Edamame Ternyata Cukup Tinggi

Jenis sayuran ini begitu populer untuk diolah dalam berbagai masakan khas Jepang. Kandungan protein dalam edamame memang cukup tinggi, bahkan mengalahkan daging dan telur. Oleh sebab itu, makanan dengan bahan edamame sering ditemukan di menu vegetarian. Cocok deh dijadikan makanan pengganti daging.

Selain protein, edamame juga punya kandungan asam amino esensial yang lengkap. Dalam satu porsi hidangan edamame, kamu bisa mendapatkan kandungan nutrisi, vitamin, dan zat besi sekaligus. Sudah pernah makan edamame belum nih?

Alternatif Camilan Para Vegetarian: Keju Cottage

Makanan pengganti daging berikutnya adalah keju cottage. Keju cottage adalah keju olahan dengan cita rasa asam dan terbuat dari dadih yang dilembutkan. Oleh sebab itu, tekstur keju cottage ini cenderung lebih lembut dan membuatnya lebih mudah dicerna tubuh.

Meski berbeda dari keju kebanyakan, keju cottage ini tetap lezat kok. Bahkan, banyak vegetarian yang memakan keju cottage sebagai camilan di kala perut lapar.

Nah, tertarik menjadi vegetarian? Tenang, setidaknya kamu masih bisa makan enak kok dengan makanan pengganti daging tadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here