Penggunanya Tumbuh 400%, OVO Makin Kokoh di Ranah Dompet Digital

Pengguna Tumbuh 400%, OVO Makin Kokoh di Ranah Pembayaran Online
Source: jurnalapps

Lewat aplikasi OVO dan layanan dompet digital yang ditawarkannya, PT Visionet Internasional mencatatkan pertumbuhan pengguna yang cukup signifikan. Startup ini juga menyasar para pemilik UKM.

Memasuki bulan Desember 2018, OVO mencatatkan pertumbuhan pengguna lebih dari 400%. Dengan transaksi terbesar datang diantaranya dari sektor ritel, transportasi dan e-commerce. 77% pengguna berasal dari luar Jabodetabek.

Sedangkan di sisi merchant, OVO mencatakan pertumbuhan sebesar 70%. Startup ini mengklaim sudah memiliki lebih dari 500 ribu merchant offline. Di sisi transaksi , transaksi yang diperoleh lewat penggunaan layanan OVO meningkat 75 kali lipat dari jumlah transaksi pada akhir 2017.

Keunggulan Aplikasi OVO

Keunggulan Aplikasi OVO
Foto: dailysocial

Penggunaan aplikasi yang bersifat open platform memberikan keuntungan tersendiri bagi OVO. Dengan menggunakan aplikasi open platform., OVO lebih mudah membaurkan teknologinya dengan teknologi dan model bisnis dari para merchant dan perusahaan lain. Selain itu bentuk kerjasama yang bisa dilakukan juga tidak hanya online to online, tapi juga online to offline.

Di sisi merchant, OVO menyediakan aplikasi yang memungkinkan para merchant mudah untuk beriklan. Para pengiklan juga bisa dengan mudah menyasar segmen market tertentu. Dengan menggunakan layanan yang lebih murah yang spesifik cakupannya, aplikasi OVO secara tidak langsung menawarkan nilai tambah bagi para merchant dan pemasang iklan lainnya.

Untuk sektor ritel, OVO mengklaim sudah menjadi mitra pembayaran online di hampir 90% mall yang ada di Indonesia. Pengguna OVO juga dapat memanfaatkan aplikasinya untuk membayar transportasi online. Untuk itu startup ini sudah menjalin kerja sama dengan Grab. Di sektor e-commerce, penjual dan pembeli produk di Tokopedia juga bisa menggunakan OVO sebagai layanan pembayaran.

Baca Juga: Tawarkan Kemudahan Transaksi, DANA Ingin Jadi Pemimpin di Ranah Dompet Digital

Foto: atmago

Startup yang berdiri dua tahun lalu ini juga mulai menyasar sektor Usaha Kecil dan Menengah. Per Agustus lalu merchant UKM yang telah bekerjasama berjumlah 1.000 UMKM. Jumlah tersebut mengalami peningkatan pesat di akhir tahun. Saat ini Jumlah UMKM yang telah bergabung tercatat sebanyak 180.000 merchant.

Terkait dengan kerjasamanya dengan UMKM, OVO terus mengembangkan fitur QR Code nya dan memperluas jaringan layanan top-up bagi konsumen. Saat ini OVO mengklaim telah memiliki lebih dari 1 juta top-up points. Layanan ini semakin diperluas setelah OVO bekerjasama dengan Bank Mandiri dan Alfamart.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here