Lion Parcel: Strategi Meningkatkan Frekuensi Pengiriman Barang

Lion Parcel: Strategi Meningkatkan Frekuensi Pengiriman Barang
Source: dotsemarang

Lion Parcel merupakan salah satu unit bisnis milik Lion Air Group. Beberapa upaya telah dilakukan unit bisnis logistik tersebut untuk meningkatkan jumlah frekuensi pengiriman barang.

Selain Lion Parcel, Lion Air memiliki beberapa unit bisnis lain yang bergerak di sektor yang berbeda. Di antaranya adalah PT Lion Boga (catering) dan Batam Aero Technic (maintenance pesawat). Namun dari beberapa unit bisnis yang dimiliki Lion Air Group, Lion Parcel merupakan unit bisnis yang dianggap paling tinggi tingkat pertumbuhannya.

Beberapa strategi telah dilakukan untuk Lion Parcel untuk mendongkrak frekuensi pengiriman barang. Baik dari sisi kemudahan layanan maupun strategi kemitraan.

Lion Parcel Gandeng PT Pos Indonesia dan LogiNext

Mulai beroperasi semenjak 2013, Lion Parcel memiliki model penetrasi yang berbeda dengan beberapa perusahaan logistik lain seperti DHL dan Fedex. Perusahaan ini telah memiliki lebih dahulu armada pesawat, untuk selanjutnya menyediakan layanan pengiriman barang dan dokumennya.

Lion Parcel Gandeng PT. Pos Indonesia dan LogiNext
Foto: thepicbear

Dalam operasional logistiknya, perusahaan ini memanfaatkan armada pesawat yang dimiliki Lion Air Group. Di antaranya adalah Lion Air, Wings Air, dan Batik Air. Di beberapa kawasan di Indonesia, jangkauan armada yang diperkuat oleh sekitar 300 pesawat ini sudah mencapai tingkat kotamadya/kabupaten. Didukung dengan tingginya frekuensi penerbangan yang dimiliki, pengiriman barang hanya memakan waktu berkisar 1 hingga 2 hari. Sedangkan untuk pengiriman barang ke luar negeri, Lion Parcel didukung oleh armada milik Malindo Air dan Thai Lion Air.

Di sisi penjemputan barang atau dokumen, Lion Parcel memanfaatkan jasa agen. Selain itu, perusahaan yang awalnya bernama Lion Express ini juga memanfaatkan jasa para kurir lepas. Para kurir inilah yang bertugas mengantar jemput barang dan dokumen. Dengan menggunakan model bisnis seperti ini, perusahaan mampu menghemat biaya investasi, namun di sisi lain juga meningkatkan skalabilitas dengan singkat.

Baca Juga: Mengenal SiCepat Ekspress, The Next Indonesian Unicorn

Foto: lionparcel

Sedangkan untuk memperluas cakupan area pengiriman dan penjemputan barang, awal tahun ini Lion Parcel telah menggandeng PT POS Indonesia. Lewat kerja sama ini, barang yang terkirim ke kantor pusat akan diteruskan ke area-area pelosok lewat jaringan yang selama ini sudah dimiliki oleh PT Pos Indonesia. Sebaliknya, pelanggan yang akan mengirimkan barang atau dokumennya dengan menggunakan jasa Lion Parcel juga bisa menggunakan jaringan PT Pos Indonesia terdekat. Sebelum kerja sama ini dilakukan, ada lebih dari 110 area di Indonesia yang belum terlayani oleh Lion Parcel karena kendala jarak.

Untuk meningkatkan efesiensi, Lion Parcel juga sudah bekerjasama dengan perusahaan optimisasi logistik yakni LogiNext. Kerja sama antara kedua perusahaan tersebut menghasilkan kemampuan analisa dan informasi secara real time dan memadukannya dengan metode pembayaran digital.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here