Hasil Seleksi Kartu Prakerja Sudah Diumumkan, Cek SMS Kamu!

Pengumuman seleksi gelombang 15 di Instagram Prakerja (Sumber: Instagram Prakerja)

Hasil seleksi Kartu Prakerja gelombang 15 telah diumumkan siang ini. Head of Communication Managemen Pelaksana Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, mengatakan total 600 ribu pendaftar terpilih untuk mengikuti pelatihan dari program Kartu Prakerja. Pengumuman seleksi sendiri diberitahukan melalui SMS ke nomor telepon yang didaftarkan oleh peserta.

Proses seleksi ditandaskan Louisa dilakukan setelah periode pendaftaran ditutup. Dengan terpilihnya 600 ribu orang pada gelombang 15, Louisa mengatakan  target penerima Kartu Prakerja untuk semester I tahun 2021, yakni gelombang 12-15, sudah hampir terpenuhi.

“Dari gelombang 12-15 sudah direkrut 2,4 juta orang dari target semester 1 sebesar 2,7 juta orang. Siang ini mengenai SMS kepada mereka yang lolos seleksi dan pemberitahuan bahwa mereka yang lolos harus menonton video tentang Prakerja sebelum bisa membeli pelatihan,” ujar Louisa.

Setiap penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan dana bantuan sebesar Rp3,55 juta untuk membeli kelas pelatihan di mitra-mitra yang telah ditunjuk. Rincian dana tersebut adalah Rp1 juta untuk dana pelatihan, Rp600 ribu sebagai insentif pasca pelatihan yang diterima per bulannya selama empat bulan, dan Rp50 ribu sebagai insentif survei untuk tiga kali.  

Namun, bagi pendaftar yang belum lolos seleksi gelombang 15 ini tidak perlu berkecil hati. Pasalnya, mereka tetap berkesempatan untuk mendaftarkan diri kembali pada gelombang-gelombang berikutnya.

Baca Juga: Pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang 15 Dibuka Hari Ini

Selain SMS, Bagaimana Mengecek Pengumuman Seleksi Kartu Prakerja?

Meski pengumuman seleksi Kartu Prakerja akan diberitahukan kepada setiap peserta melalui SMS, peserta juga bisa mengecek status mereka melalui laman resmi prakerja.go.id. Prosesnya mudah, peserta cukup masuk (login) ke akun Prakerja, lalu cek nomor Kartu Prakerja dan status saldo pada dashboard akun. 

Bagi peserta yang lolos seleksi, maka akan mendapatkan status saldo: “Dana insentif kamu diberikan setelah penyelesaian pelatihan, bila belum ada dana yang ditransfer 7×24 jam Hubungi CS.”

Setelah memastikan diri lolos seleksi, berikut hal-hal yang harus diperhatikan oleh peserta:

  • Menonton video tentang Kartu Prakerja yang tersaji di dashboard sebelum membeli pelatihan.
  • Mengecek pelatihan di mitra Kartu Prakerja (Bukalapak, Mau Belajar Apa, Pintaria, Pijar Mahir, Sisnaker, Sekolahmu, Tokopedia).
  • Memilih pelatihan sesuai kebutuhan.
  • Beli pelatihan dan bayar dengan Nomor Kartu Prakerja.
  • Batas waktu pembelian pelatihan adalah 30 hari setelah menerima SMS pengumuman lolos seleksi. Kepesertaan akan ditarik bila melewati batas waktu yang ditentukan.

Selamat buat kamu yang lolos seleksi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here