Kenapa sih Kosmetik Dengan Paraben Perlu Dihindari? Ini Penjelasannya

Di pasaran, ada banyak tersedia berbagai jenis kosmetik yang tanpa disadari termasuk jenis kosmetik dengan paraben. Tidak peduli bila kamu menyukai kosmetik vegan, organik, atau hanya sekedar kosmetik bertekstur lembut untuk kulit sensitif, namun ada satu istilah yang perlu kamu perhatikan saat ingin membeli kosmetik, yaitu bebas paraben.

Yang menjadi pertanyaan adalah, kenapa perlu menghindari kosmetik dengan paraben?

Kenapa Kosmetik dengan Paraben Dianggap Buruk?

Istilah paling sederhana dari paraben sebenarnya adalah pengawet. Bahan ini dimasukkan dalam produk kosmetik agar jamur, cendawan, dan bakteri tidak mulai tumbuh pada lotion atau eyeliner setelah terpapar kulit. Atau ketika hanya dengan ditempatkan pada temperatur hangat dan lembap di kamar mandi.

Sebagian orang menganggap bila kosmetik dengan paraben tidak masalah. Ini disebabkan karena mereka mentoleransi keberadaan pengawet dalam kosmetik. Sebenarnya, kontroversi seputar paraben tidak muncul sampai tahun 2004 ketika sebuah studi dipublikasikan tentang paraben dan konsentrasi yang ditemukan dalam tumor payudara pada manusia.

Perlu kamu tahu akan selalu ada dugaan kaitan antara peningkatan paparan estrogen dan kanker payudara. Terlebih paraben yang terpapar pada tubuh memiliki kemampuan yang lemah untuk meniru estrogen. Oleh karena alasan inilah kenapa diduga ada kaitan dengan terjadinya kenaikan tingkat kanker payudara.

Fakta bahwa dalam studi yang dipimpin oleh peneliti Phillippa Darbre menemukan paraben di 18 dari 20 sampel tumor dan kanker payudara menjadi bukti yang cukup kuat. Namun, tetap saja masih ada yang menentang reputasi buruk dari paraben.

Orang-orang yang mendukung paraben sebagai pengawet pun membuat beberapa poin sebagai alasan. Dinyatakan jika paraben dan efek estrogeniknya jauh lebih lemah daripada fitoestrogen lain yang dikonsumsi tiap hari. Inilah mengapa sebagian orang masih merasa aman dengan hal tersebut.

Baca Juga: Ladies, Ini Alasan Kenapa Kosmetik Fragrance-Free Jadi Pilihan Terbaik

Apakah Paraben Berbahaya?

Pertanyaan apakah kosmetik dengan paraben berbahaya atau tidak sebenarnya tidak sesederhana yang kamu pikirkan. Bahkan FDA belum bisa menjawabnya dengan lebih detail. Jika kamu yakin paraben adalah pengawet yang baik, kamu bisa terus menggunakannya.

Namun jika kamu yakin paraben benar-benar terkait dengan kanker payudara, ada baiknya kamu berhenti menggunakan kosmetik dengan paraben. Ini adalah salah satu keputusan yang harus kamu buat sendiri karena masih belum ada cukup bukti kuat yang menjelaskan jika paraben berbahaya.

Untuk keamanan diri, ada baiknya kamu lebih waspada terhadap produk kosmetik yang kamu pakai, meskipun ada sebagian orang yang menganggap kosmetik dengan paraben tetap aman dipakai. Bila kamu sedang hamil dan berusaha untuk melindungi janin, ada baiknya kamu berhenti mengaplikasikan kosmetik yang diformulasi dengan paraben.

Untuk tujuan ini, kamu bisa memeriksa bagian label dari tiap kosmetik yang akan dibeli untuk melihat kandungan bahan pengawetnya. Dan jika kamu memiliki jenis kulit sensitif, hindari produk dengan pewarna, pengawet, dan parfum karena ini dapat memicu iritasi kulit.

Sebagai acuan, kamu dapat menghindari produk kosmetik dengan paraben bila produk tersebut menggunakan jenis paraben yang umum. Seperti metil paraben, etil paraben, propil paraben, butil paraben, dan isobutil paraben. Jika kamu memutuskan untuk tidak ingin mengambil risiko terkena efek samping paraben dalam kosmetik, carilah bahan-bahan tersebut dalam produk makeup yang kamu gunakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here