Berteman di Tempat Kerja Penting, Lho! Ini Tips untuk Karyawan Baru

Memiliki hubungan yang bermakna di tempat kerja menjadi poin penting dan seringkali memiliki kaitan langsung dengan kepuasan bekerja. Selain itu, teman akrab di tempat kerja bisa menjadi pendukung kamu ketika mengalami masalah kerja.

Misalnya, kamu bisa mendapatkan solusi setelah berbagi pikiran dengan teman akrab di tempat kerja, atau pendukung ketika atasan menyalahkan kamu. Nah, bagaimana cara menjalin pertemanan di tempat kerja, terutama bagi kamu sebagai karyawan baru?

Terlibat dalam Pembicaraan Kecil

Awalnya, obrolan ringan dapat menjadi hal yang canggung, terutama ketika kamu baru memulai pekerjaan baru. Suasana tak menyenangkan bisa kamu rasakan ketika bekerja di sebelah orang asing dan kamu tak bisa melarikan diri. Namun, penting bagi kamu untuk membentuk aliansi di tempat kerja.

Bila ini adalah hari pertama kerja, kamu perlu tetap berpegang pada pertanyaan yang terkait dengan pekerjaan, seperti, “Sudah berapa lama bekerja di sini?” dan “Apa yang membuat kamu meniti karier di sini?”.

Bila kamu sudah bekerja di sana untuk sementara waktu, kamu dapat berteman di tempat kerja dengan mendiskusikan minat pribadi.

Perkenalkan Diri di Area Komunal

Bisa jadi kamu tidak bisa memiliki teman akrab ketika baru memulai pekerjaan. Namun, seringkali pertemanan dimulai di luar area kantor. Meskipun sedikit canggung untuk memulai percakapan, namun berteman di tempat kerja juga bisa dimulai ketika tanpa sengaja kamu bertemu dengan rekan kerja di restoran atau tempat lain.

Baca Juga: Menyedihkan, Ini Tanda Orang yang Anda Sukai Hanya Ingin Berteman Saja!

Bertemu di luar kantor bisa mencairkan suasana. Jangan takut memperkenalkan dirimu. Buatlah percakapan sealami mungkin, misalnya dengan bertanya tentang peran kerja mereka di kantor. Selanjutnya, kamu pun bisa mendiskusikan topik lain.

Makan Siang di Bareng di Luar Kantor

Memang sangat menggoda untuk makan siang di meja kerja, namun kamu juga bisa berteman di tempat kerja dengan beristirahat dan makan siang bareng di luar kantor.

Selain kamu mendapatkan waktu untuk mengistirahatkan kerja otak, juga kesempatan untuk mengenal rekan kerja pada tingkat lebih personal.

Berpartisipasi dalam Aktivitas Tim

Sebagian besar organisasi dengan kultur perusahaan yang baik mengatur kegiatan rutin di tempat kerja dan di luar pekerjaan. Ini memberi kamu peluang untuk bertemu dengan rekan kerja yang belum dikenal.

Kegiatan ini memang tidak wajib, namun bila kamu ingin berteman di tempat kerja, jangan pernah melewatkan momen penting seperti ini.

Traktir Rekan Kerja dengan Camilan Enak

Siapa yang tidak senang mendapat makanan gratis? Kamu juga suka, bukan? Cara ini juga dapat kamu terapkan untuk bisa berteman di tempat kerja. Kamu bisa membeli makanan di toko yang baru buka, atau membuatnya sendiri di rumah.

Bila lidah mereka cocok dengan camilan yang kamu buat, bukankah ini juga bisa menjadi ide bisnis baru yang bisa menghasilkan uang?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here