Mengapa Fresh Graduate Perlu Magang Usai Lulus Sekolah atau Kuliah?

Apa yang diinginkan seseorang setelah lulus sekolah atau kuliah?

Mayoritas orang pasti ingin segera bekerja. Namun, bukan berarti kamu harus terpaku dengan aktivitas mencari pekerjaan tetap. Faktanya, fresh graduate perlu magang jika belum berkesempatan memperoleh pekerjaan tetap.

Beberapa alasan berikut ini membuat fresh graduate perlu magang lagi sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya:

Menambah Pengalaman Kerja Secara Full Time

Saat magang sambil sekolah, kemungkinan besar banyak orang yang tidak fokus dengan kegiatan magangnya. Sehingga magang hanya dijadikan sebagai salah satu syarat kelulusan.

Seorang fresh graduate perlu magang full time supaya bisa merasakan pengalaman kerja yang sesuai dengan realita. Magang full time akan memberi banyak pengalaman dan pelajaran baru yang belum pernah diperoleh sebelumnya.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Harus Ditinggalkan Fresh Graduate Sebelum Mencari Kerja

Memperbanyak Portofolio

Para fresh graduate perlu kerja magang bila akan berkecimpung di bidang kreatif. Semakin banyak pekerjaan yang ditangani, maka semakin besar pula kesempatan untuk memperbanyak portofolio.

Portofolio yang berhasil dikumpulkan adalah bekal penting untuk mendapatkan pekerjaan yang sebanding dengan kemampuan pribadi. Karena portofolio tersebut merupakan salah satu bukti kreativitas dan dedikasi kerja.

Mengidentifikasi Jenis Pekerjaan yang Tepat

Tidak semua orang sudah memahami bidang pekerjaan yang cocok untuk dirinya pasca lulus kuliah. Oleh sebab itu, fresh graduate sebaiknya melakukan magang untuk membantu mengenali pekerjaan yang cocok bagi diri sendiri.

Selama magang, kemungkinan besar kamu akan dihadapkan dengan berbagai situasi yang tidak pernah terbayangkan. Sehingga kamu terlatih mengenal diri sendiri sekaligus menangani realita dunia kerja secara profesional.

Memperbesar Peluang untuk Menjadi Karyawan Tetap

Lowongan pekerjaan tetap memang banyak. Namun, saingan juga sangat banyak sehingga peluang untuk mendapatkan pekerjaan jadi semakin kecil. Untuk mengatasi hal ini, alangkah lebih baik bila kamu tak ngotot mencari pekerjaan tetap. Siasatilah dengan mencoba mengajukan lamaran magang.

Fresh graduate perlu magang untuk mempercepat proses adaptasi terhadap dunia kerja serta memperbesar peluang diangkat jadi karyawan tetap. Kalau kamu menunjukkan performa kerja yang baik, bukan mustahil bila nanti kamu akan dijadikan karyawan tetap di tempat magang.

Saat ini, banyak lowongan kerja magang yang bisa kamu manfaatkan usai lulus sekolah atau kuliah. Fresh graduate perlu magang demi kebaikan diri sendiri dan kelancaran karier di masa depan. Apakah selama ini kamu sudah melewati proses magang yang penuh manfaat?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here