Mengapa Kamu Harus Meninggalkan Kesan Baik Saat Resign Kerja?

Resign bukanlah akhir hubungan kamu dengan kantor lama. Keputusan tersebut justru jadi awal baru bagi perjalanan kariermu. Pasalnya, kamu justru harus meninggalkan kesan baik saat resign dari kantor lama.

Apa saja alasan yang mengharuskan kamu untuk meninggalkan kesan baik saat resign kerja?

Menunjukkan Sisi Profesionalitas hingga Akhir

Sebagai seorang karyawan profesional, tak sepatutnya resign membuat kamu jadi bermusuhan dengan segala sesuatu dari kantor lama. Kesan baik saat resign menunjukkan bahwa kamu tetap profesional sampai mengakhiri karier di tempat kerja tersebut.

Pasalnya, hal ini akan membuat kamu dipandang secara positif sebagai karyawan yang punya kemauan untuk selalu berkembang.

Mendapatkan Referensi Kerja

Kalau kamu berhasil menampilkan kesan baik saat resign di hadapan atasan, kemungkinan besar hubungan kamu dan atasan akan tetap terjaga. Nanti, kamu tak perlu segan meminta rekomendasi kerja dari mantan atasan untuk memperlancar jenjang kariermu.

Sehingga, mantan atasan pun tentu tidak segan memberikan referensi jika kamu memang memiliki kemampuan kerja yang memadai.

Baca Juga: Cuti Setengah Hari: Solusi Masalah Tanpa Mengabaikan Profesionalitas

Meminimalkan Gosip tentang Keputusan Resign

Keputusan seseorang untuk resign kerja biasanya disertai dengan gosip-gosip di lingkungan kerja. Namun, kamu tak perlu panik karena gosip tersebut bisa diatasi dengan memberikan kesan baik saat resign.

Buktikan kalau gosip tersebut tidak benar dan tidak berhubungan dengan alasan resign yang kamu ambil.

Memperluas Jalinan Relasi Kerja

Resign bukan berarti membuat kamu harus memutuskan tali silaturahmi dengan rekan-rekan kerja lama. Justru kamu harus memberikan kesan baik dengan cara mempertahankan hubungan silaturahmi.

Jalinan relasi kerja yang luas bisa membuka kesempatan karier atau bisnis baru di masa mendatang. Karena kamu tak pernah tahu daripada kamu bisa mendapatkan rekomendasi pekerjaan atau bisnis yang potensial.

Memperlancar Perjalanan Karier Baru

Perjalanan karier di tempat baru bisa terhambat bila ada omongan-omongan negatif tentang dirimu. Demi meminimalkan omongan negatif tersebut, sebaiknya kamu selalu memberikan kesan baik saat resign. Kamu tentu tak mau kan perjalanan karier yang baru jadi terhambat hanya karena cerita keliru yang berkaitan dengan pekerjaan lama?

Kesimpulannya, lakukan one month notice sebelum resign dan jagalah hubungan baik dengan semua orang. Kesan baik yang kamu tunjukkan akan memberikan banyak manfaat tak terduga di kemudian hari. Yuk, berpikir secara logis agar bisa meninggalkan tempat kerja lama dengan perasaan lega.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here