Self Reward: Cara Terbaik Mengapresiasi Pencapaian Diri Sendiri

Selepas menamatkan pendidikan, hidup memang jadi lebih menantang karena kamu mulai menghadapi realita dunia kerja. Namun, bukan berarti hal tersebut membuat kamu bekerja terlalu keras dan kurang menghargai diri sendiri. Kamu harus tetap memberikan apresiasi terhadap pencapaian pribadi dengan cara memberikan self reward.

Jangan menganggap remeh manfaat self reward bagi diri sendiri. Kenali dulu cara mengapresiasi diri sendiri agar kamu lebih bahagia dan terhindar dari stres.

Apa yang Dimaksud dengan Self Reward?

Self reward merupakan bagian penting dari self love (cara mencintai diri sendiri). Beberapa tahun belakangan ini, masyarakat modern semakin menyadari pentingnya kesehatan mental sebagai bagian dari gaya hidup.

Self reward adalah cara menghargai diri sendiri yang dapat dimulai dengan berbagai hal sederhana. Tujuan utama kesadaran terhadap kebahagiaan diri sendiri ini tentu saja penting untuk membuat kamu lebih bahagia dan merasa berharga.

Baca Juga: Pentingnya Self Care di Kantor agar Tetap Produktif dan Bahagia

Dapatkan Manfaat Ini Jika Kamu Mengapresiasi Diri Sendiri

Kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat berikut ini jika melakukan self reward secara teratur:

  • Merasa lebih bahagia atas pencapaian pribadi yang sudah berhasil diraih.
  • Rehat sejenak dari kompetisi kehidupan yang melelahkan dan dipenuhi persaingan tak sehat.
  • Menikmati jerih payah setelah mencurahkan waktu, pikiran, dan tenaga.
  • Melepas penat dan stres akibat aktivitas yang terlalu padat.
  • Belajar untuk bersyukur atas hal-hal yang telah didapatkan.

Perhatikan Beberapa Hal Penting Ini dalam Menyiapkan Self Reward

Agar manfaat self reward semakin maksimal, kamu harus memperhatikan hal-hal penting ini ketika menyiapkannya untuk diri sendiri:

  • Luangkan waktu khusus untuk me time. Kamu tak perlu ragu memanfaatkan jatah cuti jika ingin beristirahat sejenak dari aktivitas pekerjaan atau bisnis yang ekstra padat.
  • Selain me time, waktu berkualitas bersama keluarga juga tak kalah penting. Alangkah lebih baik bila kamu juga punya waktu senggang bersama keluarga, misalnya untuk bersantai di rumah atau berlibur selama beberapa hari.
  • Membahagiakan diri sendiri bukan berarti boleh membuat kamu jadi super boros. Alokasikan bujet secara cermat jika ingin membeli barang-barang yang disukai. Jangan sampai kegiatan belanja yang menyenangkan menguras isi tabungan secara berlebihan bahkan hingga kamu tidak punya dana darurat.
  • Apresiasi terhadap diri sendiri bukan bertujuan untuk gengsi semata. Jadi, jangan sampai kamu tergugah untuk memamerkan pencapaian yang berhasil didapatkan. Lakukanlah aktivitas atau belilah barang-barang tertentu berdasarkan kebutuhan serta selera pribadi.

Apa pun upaya self reward yang dilakukan, pastikan bahwa kamu senantiasa bahagia dan terhindar dari stres. Mari belajar menikmati kehidupan dengan cara yang menyenangkan bagi diri sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here