Jangan Pasif, Membangun Networking Setelah Ikut Acara Itu Penting Lho

Saat meniti karier, membangun networking faktor penting yang harus kamu lakukan. Networking menjadi wadah untuk kamu update akan tren dan informasi di bidang yang kamu tekuni.

Terlebih lagi, kamu bisa menambah relasi di dunia bisnis. Bukan tak mungkin kamu mendapatkan peluang karier yang lebih baik melalui orang baru yang kamu temui.

Nah, networking bisa kamu lakukan dengan menghadiri seminar, talkshow, atau workshop. Ada yang berbayar, ada yang gratis. Untuk memaksimalkan networking, kamu harus memerhatikan beberapa hal, seperti berikut ini:

Pilih Acara Networking yang Tepat

Pilih acara yang relevan dengan topik kamu atau topik yang sedang dihadapi klien. Bacalah artikel atau blog sebelum pergi agar kamu bisa mengajukan pertanyaan terkait yang dapat memajukan pemahamanmu dan orang lain tentang topik tersebut.

Segera jangkau pembicara setelah itu dan terhubung, misalnya melalui LinkedIn. Beri tahu orang lain apa yang kamu pelajari dan terapkan dalam pekerjaanmu setidaknya satu poin dalam seminggu.

Berkomitmen untuk Mengambil Tindakan Pasca Networking

Kamu bisa sangat terinspirasi dari sebuah acara, namun tak ada perubahan signifikan setelah keluar dari ruangan. Ini dikarenakan kamu tidak mengambil tindakan untuk mengimplementasikan apa yang kamu pelajari dari acara tersebut ke dalam kehidupannya.

Jadi, pilihlah satu tindakan yang menginspirasi kamu sebelum meninggalkan ruangan. Bila trik ini kamu lakukan, semangat itu masih berkobar ketika kamu tiba di rumah, dan kamu bisa menindaklanjutinya.

Baca Juga: 4 Hal Penting yang Wajib Dijalani untuk Mengembangkan Karir dengan Cepat

Buat Daftar Rencana Kegiatan selama 30 Hari

Cara terbaik untuk mengoptimalkan investasi yang kamu dapat dari networking tersebut dengan mewujudkannya pada tindakan yang nyata. Kamu bisa membuat visi yang meyakinkan tentang apa yang ingin dicapai dalam 30 hari, kemudian kelompokan siapa saja yang ingin kamu temui, dan apa yang perlu dipelajari lebih dalam.

Metode ini akan memberikan kamu tujuan yang jelas selama dan setelah networking berlangsung.

Tunjukkan Ketertarikan kepada Orang Lain

Cara terbaik untuk mempromosikan diri saat membangun networking bukan dengan pidato panjang lebar, tetapi menunjukkan ketertarikan pada orang lain. Ajukanlah pertanyaan tentang bisnis mereka dan apa tantangan yang dihadapi.

Kamu mungkin bisa membantu dan menawarkan diri untuk bisa bertemu mereka di lain waktu. Atau, kamu akan diingat oleh mereka karena telah bersikap aktif.

Dapatkan Informasi di Sosial Media untuk Membangun Networking

Setiap konferensi yang akan dilakukan biasanya memiliki hashtag atau aplikasi untuk acaranya. Manfaatkanlah saluran tersebut untuk mulai membangun networking. Baik sebelum, selama, dan setelah acara.

Lakukanlah riset terhadap para peserta dan jadwalkan coffee meeting dengan mereka yang berminat. Selama acara berlangsung, bagikan pengalamanmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here