6 Trik Menemukan Rekan yang Bisa Dipercaya di Kantor

Mampu mempercayai rekan kerja sangat penting untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat. Mengetahui bahwa kolega kerja ada untuk membantu Anda keluar dari krisis dan bahwa mereka tidak akan mengkhianati Anda akan membuat kehidupan profesional Anda jauh lebih lancar.

Sayangnya, tidak semua rekan kerja dapat dipercaya dengan bisa menyimpan rahasia. Oleh karena itu, berikut ini 6 trik menemukan rekan kerja yang bisa dipercaya.

Bagikan Dulu Hal yang Kecil

Jika Anda baru saja memulai pekerjaan baru atau anggota baru ingin bergabung dengan tim Anda, jangan pernah mengungkapkan terlalu banyak tentang diri Anda sampai Anda benar-benar yakin tentang siapa yang dapat dipercayai.

Jika Anda menyebutkan kepada seseorang bahwa Anda berpikir untuk keluar dari pekerjaan dan mereka membawa informasi itu ke atasan, hal itu bisa menciptakan lingkungan kerja yang sangat tidak nyaman bagi Anda.

Perhatikan Gosip Kantor

Jika kolega Anda terus-menerus bergosip tentang manajer dan rekan kerja, maka yakinlah bahwa ia juga berbicara tentang diri Anda di belakang Anda. Gosip kantor adalah bagian dari kehidupan kerja dan biasanya tidak berbahaya. Namun, jika Anda mendapati diri sedang menerima gosip jahat, itu bisa membuat kehidupan kerja Anda tak nyaman.

Jangan Mengungkapkan Hal Pribadi Terlalu Banyak

Hindari memberitahu orang lebih dari yang seharusnya. Simpan detail tentang kehidupan pribadi untuk diri Anda sendiri, dan jangan pernah mengkritik atasan atau rekan kerja Anda kepada orang lain selama berada di lingkungan kantor.

Jika Anda menemukan bahwa salah satu rekan kerja Anda telah merusak kepercayaan Anda, maka kondisi akan memburuk bila ia memiliki banyak informasi pribadi mengenai Anda.

Baca Juga: Rekan Kerja Iri pada Prestasi Anda, Apa yang Harus Dilakukan?

Amati Interaksi Rekan Kerja dengan Orang Lain

Anda dapat mempelajari semua yang perlu Anda ketahui hanya dengan duduk dan mengamati bagaimana rekan kerja Anda berinteraksi. Jika Anda memperhatikan bahwa sebagian besar kolega Anda cenderung mendekati orang yang sama untuk mendapatkan bantuan dan saran, maka ini tanda yang pasti bahwa orang tersebut layak Anda percayai.

Ingat Rekan yang Membantu Anda Melalui Masa Sulit

Jika seseorang membantu Anda melalui fase yang sangat sulit, maka ingatlah untuk menunjukkan rasa terima kasih Anda dan menawarkan untuk membalas budi sesegera mungkin. Membantu orang lain melalui kesulitan adalah cara yang bagus untuk memperkuat persahabatan Anda dan membangun koneksi yang lebih kuat.

Carilah Rekan yang Benar-benar Ingin Membantu

Beberapa orang adalah mentor alami yang benar-benar ingin melihat rekan kerja mereka berhasil. Anda mungkin memperhatikan bahwa orang tertentu di kantor selalu siap untuk membantu proyek baru. Mereka yang mengutamakan orang lain, biasanya, sosok yang paling bisa dipercaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here