Ini Alasan Pentingnya Minum Air Putih saat Sedang Bekerja di Kantor

pentingnya minum air putih di kantor

Tidak mengherankan jika bagi para pekerja kantoran menghabiskan sebagian besar waktunya sehari-hari di tempat kerja. Rata-ratanya setiap orang akan menghabiskan waktu sekitar 90.000 jam di tempat kerja selama hidup mereka. Nah, berbicara soal kesehatan, bisa dikatakan kebanyakan orang masih banyak yang tidak terlalu memerhatikannya ketika bekerja di kantor. Seperti waktu yang dihabiskan di depan komputer atau berpindah dari satu meeting ke meeting yang lain. Deadline pekerjaan dianggap menjadi prioritas utama bagi setiap pekerja kantoran.

Di Jepang sendiri, di mana orang-orangnya bekerja dengan jam kerja yang sangat panjang, dengan rata-rata 60-70 jam seminggu, ada sekitar 10.000 orang yang meninggal di meja kerjanya. Fenomena ini dikenal sebagai “karoshi”. Hal ini sendiri menyiratkan bahwa sudah seharusnya kita lebih memerhatikan kesehatan, terutama ketika sedang bekerja di kantor. Salah satu masalah kesehatan yang paling mengancam di tempat kerja adalah dehidrasi. Banyak dari kita yang masih belum menyadari pentingnya minum air putih, terutama akibat yang akan ditimbulkannya.

Pentingnya Minum Air Putih untuk Menghindari Ancaman Serius Dehidrasi

Minum air putih sebenarnya adalah kebiasaan yang sangat mudah untuk dilakukan, namun mayoritas para pekerja kantoran melupakan hal ini karena dirasa pekerjaan yang terlalu menyita fokus dan waktu. Justru sebaliknya, banyak juga yang mengganti air putih dengan kopi ataupun teh. Padahal, kopi dan teh memiliki sifat diuretik, yang mana meningkatkan keinginan untuk buang air kecil sehingga tubuh akan lebih mudah mengalami dehidrasi.

Baca Juga : Tetap Bugar Selama Puasa di Kantor, Sehat dan Tidak Lemas!

Yang perlu Anda ketahui, tubuh kita terdiri dari 60% air, di mana otak manusia juga terdiri dari 75% air. Ini artinya Anda juga pasti sudah tahu apa pentingnya minum air putih yang cukup untuk kesehatan tubuh. Masalahnya, dehidrasi sendiri juga tidak menimbulkan dampak yang cukup kelihatan dan jelas, tidak seperti dampak yang dirasakan tubuh ketika duduk terlalu lama atau mata yang lelah akibat bekerja terlalu lama di depan komputer.

Beberapa dampak yang bisa dirasakan jika sudah mulai mengalami dehidrasi adalah konsentrasi yang menurun, ketidakseimbangan kadar gula dan garam dalam tubuh, dan pusing. Selain itu, untuk kasus dehidrasi yang sudah parah, penderitanya akan mengalami rasa haus yang hebat, degup jantung yang bertambah cepat, napas yang tersengal-sengal, dan urin yang berwarna gelap.

Hal ini sendiri bisa berlanjut ke arah yang lebih parah dan menyebabkan masalah kesehatan serius lainnya. Jadi, jika Anda mulai merasakan penglihatan mengabur atau kepala yang tiba-tiba sakit saat bekerja, maka jangan malah mencari camilan. Sebaliknya, ambil segelas air putih dan minumlah.

Kesehatan merupakan prioritas utama dalam setiap hal, termasuk pekerjaan. Bayangkan, jika Anda sendiri sakit-sakitan dan tidak fit, apakah masih bisa melakukan aktivitas seperti biasanya dengan optimal? Tentu tidak, kan. Oleh karena itu, selalu sempatkan diri Anda untuk minum air putih setiap satu jam sekali di kantor. Bagi Anda yang hobi minum minuman bersoda ataupun berkafein, juga sebaiknya mulai sekarang ganti ke air putih.

Beri komentar Anda tentang artikel ini