Niche Market: Menggali Keuntungan Lewat Keunikan Produk

Ada banyak cara yang bisa dilakukan pebisnis untuk menciptakan atau meningkatkan keuntungan. Salah satunya dengan memanfaatkan niche market.

Niche market atau ceruk pasar merupakan segmen pasar potensial yang belum tergarap sebelumnya. Pemilik bisnis bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari segmen ini. Karena, umumnya di dalam ceruk pasar tidak banyak kompetitor yang menawarkan produk yang sama.

Manfaat terbesar dari memiliki ceruk pasar tentu saja mengurangi tingkat kompetisi. Namun, untuk itu diperlukan keunikan atau perbedaan dari produk yang ditawarkan.

Semisal, senter berbahan kayu tidak memiliki kompetitor sebanyak senter berbahan plastik. Tingkat kompetisi akan semakin rendah jika pada senter berbahan kayu tersebut konsumen bisa mencetak atau mengukir nama mereka.

Berikut ini manfaat lain yang bisa didapatkan dengan memiliki ceruk pasar:

Mudah Menarik Perhatian Konsumen

Karena tingkat kompetisi yang rendah, produk atau jasa yang ditawarkan menjadi menonjol atau lebih bisa menarik perhatian konsumen. Hal ini tentu menguntungkan dari sisi marketing. Karena, pemilik bisnis bisa lebih mudah memasarkan produk/jasanya. Selain itu biaya pemasaran yang dibutuhkan relatif lebih kecil dibandingkan memasarkan produk/jasa di segmen yang umum.

Di sisi lain, konsumen yang bisa dijaring merupakan konsumen potensial, atau konsumen yang kemungkinan besar akan melakukan pembelian.

Baca Juga: Pentingkah Mengetahui Market Size dan Bagaimana Cara Mengukurnya?

Fokus dalam Pemasaran

Dalam melakukan kegiatan pemasarannya, pemilik bisnis bisa lebih fokus. Sehingga mengurangi penggunaan sumber daya. Termasuk sumber daya karyawan. Hal ini karena pemilik bisnis lebih selektif dalam memilih program atau kanal pemasaran yang digunakan.

Dari sisi waktu, memasarkan produk di sebuah ceruk pasar juga lebih efisien dibandingkan memasarkan produk di segmen yang umum. Hal ini karena keunikan atau perbedaan yang dimiliki oleh produk tersebut.

Niche Market Mendekatkan Konsumen dengan Produk

Produk di ceruk pasar umumnya unik, berbeda dan jarang bisa ditemukan di tempat lain. Beberapa hal tersebut juga membuat komunikasi yang terjalin antara konsumen dan pemilik bisnis terjalin dengan lebih baik. Kepercayaan konsumen pun menjadi lebih mudah didapatkan.

Sebaliknya, konsumen akan lebih mudah memberikan kepercayaannya. Hal ini membuat konsumen lebih mudah menjadi pelanggan. Di sisi lain, faktor harga bukan menjadi pertimbangan utama bagi konsumen untuk melakukan pembelian.

Mengembangkan Kemampuan di Ceruk Pasar

Menawarkan produk untuk ceruk pasar tentu memerlukan kemampuan khusus. Jika dilakukan dalam jangka panjang, pemilik bisnis bisa menjadikan kemampuan ini menjadi sebuah keunggulan. Sehingga membuat pemilik bisnis menjadi pemimpin di ceruk pasarnya.

Selain itu, kemampuan khusus ini bisa dikembangkan. Dengan begitu, pemilik bisnis bisa menawarkan produk baru atau produk yang lebih baik.

Bagi pemilik bisnis yang ingin meningkatkan penjualannya, tidak ada salahnya mempertimbangkan untuk menciptakan niche market. Niche juga diperlukan bagi pemilik bisnis yang merasa kesulitan menjual produknya di segmen dengan tingkat kompetisi yang tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here