Office Tour: Cara Efektif Memperkenalkan Perusahaan pada Kandidat

Dalam proses perekrutan karyawan, office tour umumnya dilakukan di masa orientasi, yakni jika rekruter sudah menetapkan kandidat karyawan yang akan diterima. Kegiatan ini dilakukan dengan cara mengajak kandidat berkeliling kantor atau ke setiap ruangan yang ada, sekaligus berkenalan dengan staf dan karyawan yang sudah bekerja.

Saat office tour, kandidat karyawan diberikan kesempatan untuk melihat secara langsung proses kerja, cara kerja dan budaya perusahaan yang dimiliki. Sehingga saat bekerja nanti, kandidat akan lebih mudah beradaptasi.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika perusahaan menjalankan kegiatan ini bagi kandidat karyawannya.

Menjalin Hubungan Antar Rekan Kerja lewat Office Tour

Program office tour mengajak kandidat untuk menjalin hubungan kerja dengan rekan kerjanya. Sehingga kedua belah pihak bisa bekerjasama atau berkolaborasi tanpa adanya kendala. Selain itu, dengan menciptakan hubungan kerja yang harmonis, kandidat akan menjadi lebih nyaman dalam bekerja. Hal ini bisa menjaga produktivitas kerja.

Di sisi lain, kegiatan berkeliling area kantor ini ikut membentuk sudut pandang baru dimata kandidat karyawan. Hal ini penting untuk memicu lahirnya inovasi dan ide-ide baru.

Baca Juga: Virtual Team Building, Tips Jaga Kekompakan Saat Work From Home

Membangkitkan Kebanggaan Kandidat Karyawan

Sebelum melamar, kandidat tentunya telah memiliki gambaran mengenai perusahaan yang dilamarnya. Gambaran ini membuat karyawan termotivasi untuk menjalani proses seleksi karyawan dengan baik.

Dengan menjalankan office tour, kandidat karyawan yang diterima diharapkan bisa bangga atas pencapaian yang sudah dilakukannya. Ia juga bisa bangga bisa menjadi bagian dari perusahaan idamannya. Kedua hal tersebut bisa meningkatkan kepuasan kerja dan kualitas hasil kerja.

Menciptakan Rasa Ikut Memiliki

Rasa memiliki perusahaan diperlukan untuk membuat karyawan betah bekerja. Dengan melakukan office tour, karyawan memahami bahwa perusahaan memiliki reputasi yang harus dijaga. Perusahaan juga memiliki tujuan dan target yang harus dipenuhi.

Dengan begini, karyawan memiliki motivasi untuk menjaga produktivitasnya. Salah satu caranya yaitu dengan memberikan kemampuan terbaiknya untuk perusahaan.

Memperkenalkan dan Mengangkat Citra Perusahaan

Office tour tidak hanya berguna untuk memperkenalkan perusahaan pada kandidat karyawan. Lebih dari itu, dengan kegiatan ini, citra perusahaan bisa diperkenalkan lebih luas. Karena kandidat karyawan bisa menceritakan pengalamannya kepada teman atau kerabatnya.

Mengingat adanya manfaat di atas, office tour juga bisa dilakukan dengan mengundang pihak-pihak lain. Semisal, klien atau pelanggan, pemasok, mitra bisnis, dan lain-lain.

Office tour merupakan bagian dari proses seleksi rekrutmen yang harus dipertimbangkan pelaksanaannya. Karena ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh manajer sebagai user, HRD maupun perusahaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here