Testimoni Pelanggan Itu Penting, Ini Trik Mudah Mendapatkannya

Untuk mengembangkan bisnis, kamu selalu memerlukan feedback dari pelanggan. Dengan merespon feedback kamu juga bisa menjalin hubungan lebih dekat dekat pelanggan.

Seringkali, hal ini lebih penting ketimbang meningkatkan kualitas produk atau jasa yang kamu tawarkan. Salah satu bentuk feedback yang bisa kamu dapatkan adalah customer review atau testimoni pelanggan.

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari mengumpulkan testimoni, di antaranya, kamu akan mengetahui:

  • Keinginan dan harapan pelanggan;
  • Bagaimana meningkatkan kualitas layanan pelanggan;
  • Bagaimana meningkatkan kredibilitas dan value; dan
  • Bagaimana meningkatkan kualitas produk/jasa.

Namun, mendapatkan testimoni pelanggan bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Apalagi untuk bisnis yang baru. Untuk itu kamu bisa melakukan beberapa trik berikut ini:

Berikan Kemudahan untuk Memberikan Testimoni

Agar mudah mendapatkan testimoni kamu bisa menyebarkan kuestioner via email. Kamu juga bisa mengabarkan bahwa salah satu platform sosial mediamu terbuka untuk menerima testimoni. Dengan begini, pelanggan tidak akan ragu untuk memberikan testimoninya. Selain itu, mereka juga bisa dengan cepat menyampaikan pendapatnya.

Sediakan Insentif

Pelanggan biasanya memberikan testimoni jika mereka tidak puas pada kualitas produk. Nah, untuk bisa mendapatkan testimoni dari pelanggan lainnya kamu bisa menjanjikan insentif. Jenis insentifnya bisa beragam, d antaranya, potongan harga, bonus produk atau sejumlah uang.

Baca Juga: 4 Cara Efektif Mengukur Kepuasan Pelanggan Sebelum Melakukan Inovasi Bisnis

Meski Negatif, Berikan Respon untuk Testimoni Pelanggan

Seringkali pemilik bisnis hanya merespon testimoni positif. Kebiasaan ini sebaiknya kamu hindari. Ingat, dalam jangka panjang, testimoni negatif dari ratusan pelanggan masih lebih baik dibandingkan testimoni positif dari hanya beberapa orang.

Merespon Pelanggan Secara Pribadi

Setiap pelanggan memiliki pendapat yang berbeda. Oleh karena itu, berikan respon untuk testimoni mereka secara pribadi. Sehingga pelanggan akan merasa diistimewakan.

Selain itu, kamu juga bisa meminta testimoni pada pelanggan yang pernah memberikan testimoni negatif sebelumnya. Agar kamu bisa memantau hasil dari perbaikan yang sudah kamu lakukan. Selain itu, pelanggan yang bersangkutan akan merasa bahwa keluhannya ditanggapi.

Kabarkan Testimoni pada Pelanggan Lainnya

Apapun pendapat pelanggan tentang produkmu, setiap testimoni pelanggan sebaiknya dibagikan ke berbagai platform yang kamu miliki. Sehingga pelanggan lain akan tertarik untuk mengutarakan pendapatnya. Selain itu, pelanggan juga akan berpikir kamu sedang membangun kredibilitas dengan selalu mendengarkan tanggapan pelanggan.

Nah, setelah melakukan beberapa cara mendapatkan testimoni di atas, jangan lupa untuk mengumpulkan dan mengolahnya menjadi bahan pengembangan kualitas produk dan layanan yang kamu tawarkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here