Ingin Mulai Serius Berinvestasi? Mari Menyiapkan Uang Dingin!

Investasi merupakan salah satu cara terbaik untuk mengamankan nilai uang dari pengaruh inflasi. Kalau kamu ingin berinvestasi, kamu harus memiliki persiapan matang berupa dana dan wawasan. Alangkah lebih baik bila kamu sudah menyiapkan uang dingin dalam jumlah tertentu.

Apa sih yang dimaksud dengan uang dingin?

Istilah tersebut memang masih sangat asing bagi sebagian besar kalangan masyarakat. Namun, kamu harus memahami definisinya agar bisa menjadi investor yang cerdik.

Mengenal Definisi Uang Dingin

Secara harfiah, uang dingin dapat diartikan sebagai dana mengendap yang dimiliki seseorang dalam jangka panjang. Dengan kata lain, dana tersebut tidak akan digunakan untuk kebutuhan hidup dalam jangka waktu setidaknya hingga lima tahun ke depan.

Dana yang mengendap dalam waktu lama sebaiknya diinvestasikan agar menghasilkan keuntungan dan nilainya tidak tergerus laju inflasi.

Baca Juga: Duit Lanang: Kebiasaan Pria Menyembunyikan Uang dari Sang Istri

Bagaimana Cara Menyiapkannya?

Kamu harus melakukan beberapa hal ini bila ingin menyiapkan uang dingin dalam jumlah cukup besar untuk berinvestasi:

  • Memiliki lebih dari satu sumber penghasilan. Sehingga pendapatan utama dapat digunakan untuk kebutuhan hidup, tabungan, dan dana darurat. Sedangkan pendapatan sampingan dapat dialokasikan untuk tabungan dan investasi.
  • Usahakan untuk melunasi utang dan tagihan yang masih menumpuk. Maka sebagian penghasilan kamu bisa dimanfaatkan untuk berinvestasi secara leluasa. Kamu hanya perlu menanggung kebutuhan hidup dan menyisihkan tabungan tanpa terganggu oleh urusan utang.
  • Sebaiknya kamu menyimpan uang dalam jumlah konsisten setiap bulan supaya dana investasi lekas terkumpul. Kalau memungkinkan, tambahkan jumlah tabungan tersebut secara berkala agar jumlahnya semakin banyak.
  • Jangan berinvestasi dengan mengandalkan uang pinjaman, apalagi bila kamu meminjam uang dengan bunga tinggi. Uang dingin harus berasal dari dana pribadi yang mengendap dalam waktu lama.

Mari Memulai Investasi dengan Cara yang Tepat!

Bila kamu sudah memiliki sejumlah uang dingin, kamu bisa memulai investasi melalui beberapa langkah berikut ini:

  • Pelajari jenis investasi yang paling mudah dan risikonya terbilang kecil.
  • Sesuaikanlah jenis investasi dengan kemampuan finansialmu. Misalnya, kamu bisa berinvestasi di bidang saham, reksadana, deposito, atau logam mulia kalau memiliki dana kurang dari sepuluh juta.
  • Jangan terburu-buru menikmati keuntungan investasi. Biarkan uang kamu terus berlipat ganda dalam kurun waktu lama, terutama bila kamu tidak punya kebutuhan mendesak.

Jadi, kira-kira berapakah jumlah uang dingin yang kamu miliki sekarang?

Berusahalah menambah tabungan secara konsisten hingga uang dingin kamu kian banyak dan siap diinvestasikan dengan cara yang tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here