Jangan Disepelekan! Kurang Tidur Dapat Memicu Munculnya Berbagai Penyakit

Jangan Disepelekan! Kurang Tidur Dapat Memicu Munculnya Berbagai Penyakit
Sumber: Dietdoctor

Kurang tidur menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pekerja yang tiap harus harus berkutat dengan deadline. Bila ini terjadi sekali atau dua kali saja, itu tidak masalah. Namun jika ini berlangsung hampir tiap hari, Anda perlu mewaspadainya karena ada konsekuensi serius akibat kurang tidur. Ada beberapa sinyal tubuh atau hal penting yang dapat terjadi bila Anda kurang tidur.

Kurang Tidur Dapat Menjadi Penyebab Berbagai Masalah Kesehatan

Mengalami Kenaikan Berat Badan

Waspada! Menurut Penelitian Faktor Berikut Dapat Meningkatkan Risiko Obesitas
Sumber: Menshealth

Banyak studi menunjukan kaitan antara kenaikan berat badan dan kurang tidur. Dalam salah satu studi, orang-orang yang kurang tidur mengonsumsi 300 kalori lebih banyak dalam sehari daripada mereka yang bisa tidur nyenyak di malam hari, dan 300 kalori itu dapat bertambah dengan berjalannya waktu. Selain itu, kurang tidur juga dapat menyebabkan tubuh menjadi stres, di mana ini terjadi dengan adanya kenaikan tingkat kortisol, yaitu hormon stres yang menjadi sinyal bahwa tubuh perlu menambah lemak.

Proses Berpikir Terganggu

pusing

Sebagian besar orang menyadari bahwa mereka cenderung merasa kurang berkonsentrasi saat mereka terjaga sampai larut malam. Hal ini disebabkan karena tidur bisa tidur nyenyak di malam hari dapat mengurangi kewaspadaan dan proses mental lain sebanyak 32 persen. Dalam salah satu studi pun ditemukan bahwa seumur hidup, otak dari orang-orang yang kurang tidur secara kronis menjadi lebih kecil dan kurang padat sehingga dapat mempengaruhi proses mental yang penting.

Masalah Emosional

Mengontrol Emosi
Sumber : mnn

Sekali lagi, sebagian besar orang mengatakan bahwa mereka merasa lebih mudah tersinggung bila malam sebelumnya hanya tidur sebentar. Dan sejumlah penelitian pun mendukung pendapat ini dengan menunjukan kaitan antara kurang istirahat dengan rendahnya kontrol emosi serta kemampuan untuk mengatasi stres. Jika ini berlangsung lama, masalah ini pun dapat menyebabkan hal lain, seperti depresi.

Baca Juga : Perubahan Sederhana Berikut Ini Bisa Mengurangi Stres Kerja dan Menjadikan Anda Makin Produktif

Buruknya Memori atau Daya Ingat

Tidak hanya masalah di atas, kurang istirahat juga dapat mempengaruhi kemampuan Anda dalam mengingat sesuatu, bahkan untuk hal-hal sederhana, seperti di mana Anda menyimpan kunci motor atau ponsel Anda. Hasil studi menunjukan bahwa gelombang REM yang dialami oleh orang-orang ketika mereka tidur nyenyak di malam hari, hal itu dapat meningkatkan memori dan fungsi mental lainnya. Tanpa tidur yang cukup, siklus REM itu pun tidak akan terjadi.

Menurunnya Sistem Kekebalan Tubuh

Ketika Anda kurang tidur, tidak ada satupun sistem tubuh Anda yang bekerja dengan baik, dan hal ini termasuk sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, bila Anda tidak tidur dengan cukup, hal ini akan membuat mudah terserang infeksi tiap hari, seperti flu atau sakit ringan lainnya. Tentu saja, hal ini dapat menurunkan kualitas hidup Anda dan membuat Anda bermasalah dengan pekerjaan atau masalah lain.

Penyakit Jantung

serangan jantung
sumber: gejalapenyakitjantung

Karena ada hubungan antara kurang tidur dan kenaikan berat badan, dan karena tidak mendapatkan istirahat yang cukup, hal ini pun dapat meningkatkan kadar tekanan darah. Bahkan masalah kurang tidur di malam hari dapat berkontribusi pada faktor penyakit jantung, di mana ini adalah penyakit pembunuh pertama bagi pria dan wanita di dunia.

Penyakit Kronis

Harus Tetap Cantik. Begini Cara Merawat Kulit Saat Menstruasi
Sumber: Sloanfirm

Karena stres kronis juga dikaitkan-kaitkan dengan pengaruh sistem kekebalan tubuh, kurang tidur ini pun dapat memicu sejumlah penyakit kronis. Tidak hanya dihubungkan dengan penyakit jantung saja, tetapi juga stroke, obesitas, masalah kesehatan mental, serta kondisi kronis lainnya. Oleh karena itulah kenapa penting untuk menjaga pola tidur agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Beri Komentar Anda

komentar