5 Penyakit yang Dialami Pengangguran Bila Menganggur Terlalu Lama

Tidak ada satu orang pun di dunia ini yang mau jadi pengangguran. Sayangnya, kemampuan yang kurang memadai dan persaingan kerja yang ketat justru membuat jumlah pengangguran tak kunjung berkurang. Hal tersebut terjadi seiring dengan meningkatnya jumlah penyakit yang dialami pengangguran.

Apakah saat ini kamu belum bekerja?

Kamu patut menjaga kesehatan secara telaten agar tidak mengidap penyakit yang kerap dialami pengangguran berikut ini:

Kelebihan Berat Badan dan Obesitas

Biasanya kelebihan berat badan dianggap remeh oleh sebagian besar orang. Padahal, kelebihan berat badan dan obesitas dapat dikategorikan sebagai gejala awal gangguan kesehatan yang lebih serius. Penyakit yang dialami pengangguran ini mudah terjadi karena intensitas aktivitas fisik yang kurang serta pola makan tinggi kalori.

Itulah sebabnya, kamu mesti tetap cermat menjaga kesehatan selama menganggur supaya risiko kelebihan berat badan dapat diminimalkan.

Baca Juga: Tips Mengurangi Nafsu Makan Nasi Putih yang Berlebihan

Diabetes

Menganggur terlalu lama juga meningkatkan risiko penyakit yang dialami pengangguran berupa diabetes. Risikonya bahkan semakin besar bila kamu kelebihan berat badan.

Sekresi insulin tubuh tidak dapat mengatasi kenaikan kadar gula darah sehingga diabetes tak dapat dihindari. Padahal, penyakit ini dapat diatasi dengan menjalani pola hidup sehat secara konsisten.

Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Pola makan yang tak terkontrol juga membuat pengangguran rentan mengidap penyakit darah tinggi. Hal ini bahkan diperburuk oleh pola hidup kurang sehat, misalnya kebiasaan merokok, gaya hidup sedentari atau pasif, serta konsumsi alkohol.

Kini, darah tinggi tak hanya dialami oleh para lansia, melainkan juga dapat menjangkiti kamu yang masih muda.

Depresi

Penyakit yang menerjang pengangguran juga sering menyerang kondisi psikis. Tekanan yang berasal dari kebutuhan hidup dan pandangan orang-orang terdekat membuat pengangguran mudah stres dan depresi.

Lebih parahnya lagi, depresi dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan, mulai dari sakit kepala hingga masalah pencernaan. Depresi juga dapat mengganggu kestabilan emosi pengangguran sehingga kecenderungan niat bunuh diri jadi semakin besar.

Penyakit Jantung

Gangguan jantung bisa terjadi akibat akumulasi kelebihan berat badan, stres, dan tekanan darah tinggi. Penyakit yang dialami pengangguran ini kerap terdeteksi pada kondisi kronis karena gejala-gejala awalnya sering diabaikan. Tak hanya melemahkan fisik, gangguan jantung juga berisiko membuat pengidapnya kehilangan semangat hidup.

Selain lima penyakit tersebut, sebenarnya masih banyak risiko penyakit yang dialami pengangguran. Jangan sampai kondisi kesehatan kamu terganggu akibat penyakit-penyakit tersebut. Jadilah pribadi yang optimis dan gigih supaya bisa lekas mendapatkan pekerjaan atau merintis usaha secara mandiri.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here