Pengangguran Terdidik Jumlahnya Makin Banyak, Apa Penyebabnya?

Dahulu, banyak orang meyakini bahwa mayoritas pengangguran berasal dari masyarakat kalangan pendidikan rendah. Namun, anggapan tersebut tampaknya tidak berlaku saat ini. Karena jumlah pengangguran terdidik justru semakin banyak.

Bukan hanya lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang menjadi pengangguran terdidik. Fresh graduate perguruan tinggi juga rentan mengalami hal yang sama. Kira-kia apa saja yang menyebabkan hal tersebut terjadi?

Tidak Punya Bekal Keterampilan Memadai

Perusahaan tidak hanya butuh fresh graduate yang unggul dari segi akademis. Lebih dari itu, keterampilan juga sangat dibutuhkan untuk menghadapi persaingan dunia kerja.

Sistem pembelajaran di perguruan tinggi dan sekolah kejuruan harus dapat memfasilitasi hal tersebut demi mengurangi jumlah pengangguran terdidik. Sehingga para lulusan memiliki kompetensi dan keterampilan yang memadai untuk terjun ke dunia kerja.

Baca Juga: Ternyata Jenis-Jenis Pengangguran Juga Variatif Berdasarkan Penyebabnya

Ekspektasi Berlebihan tentang Gaji

Ingin mendapatkan gaji besar ketika memulai pekerjaan pertama tentu sah-sah saja. Sayangnya, hal ini juga menyebabkan pengangguran terdidik bertambah karena gaji yang bisa didapatkan tidak sesuai dengan ekspektasi.

Padahal, nyatanya memang tidak semua sektor pekerjaan bisa memberikan gaji besar kepada fresh graduate. Terutama bila fresh graduate yang bersangkutan tidak memiliki kemampuan kerja yang dibutuhkan perusahaan.

Melamar Pekerjaan Tanpa Etika yang Benar

Banyak hal kecil yang membuat seseorang rentan menjadi pengangguran terdidik. Salah satunya adalah proses melamar pekerjaan tanpa etika yang benar. Dalam melamar pekerjaan, seseorang harus bertindak sopan meskipun pekerjaannya bergerak di industri kreatif.

Hal-hal kecil seperti cara menulis email dan cara menghadapi tim pewawancara kerja harus dilakukan sebaik mungkin agar peluang mendapatkan pekerjaan semakin besar.

Tak Memiliki Pengalaman Magang

Hal lainnya yang membuat seseorang jadi pengangguran terdidik adalah pengalaman magang yang minim. Pada umumnya, perusahaan lebih menyukai anak magang yang punya banyak pengalaman kerja untuk dijadikan karyawan tetap.

Jadi, masa-masa sekolah harus diisi dengan aktivitas magang yang berkualitas. Sebab pengalaman tersebut akan menjadi bekal penting untuk mendapatkan pekerjaan pertama.

Enggan Merantau ke Kota Lain

Pekerjaan bukan hanya terdapat di kota-kota besar saja. Banyak peluang kerja bisa didapatkan di kota lainnya. Oleh sebab itu, kamu yang masih mencari kerja tak perlu segan merantau ke kota lain. Daripada pasrah mencari pekerjaan dan jadi pengangguran terdidik, alangkah lebih baik bila kamu mencari pekerjaan potensial di luar tempat tinggalmu.

Jangan malu jadi pengangguran terdidik kalau sampai saat ini kamu masih berjuang mencari kerja. Buktikan bahwa kamu bisa terbebas dari status pengangguran dan memulai jenjang karier cemerlang dalam waktu dekat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here