Ih, Punya Bau Badan? 4 Hal Tak Terduga Ini Penyebabnya!

Bau badan jadi momok menakutkan bagi banyak orang karena menganggu rasa percaya diri. Seseorang jadi enggan bersosialisasi dengan orang lain karena masalah badan satu ini. Ironisnya, bau badan sulit dihilangkan hanya dengan sabun dan scrub.

Sebelum mencari solusinya, ada baiknya bila Anda menemukan penyebabnya terlebih dahulu. Berikut empat hal tak terduga yang kerap menjadi penyebab bau badan.

Efek Obat Tertentu

Obat membantu kondisi kesehatan Anda untuk berangsur membaik, namun ada beberapa obat yang memiliki efek samping, seperti morfin atau penurun demam, yang membuat Anda berkeringat. Nah, bisa jadi efek samping obat ini menjadi penyebab bau badan. 

Selain itu, obat-obat seperti antihistamin, dekongestan, dan pelemas otot, serta obat-obatan untuk mengobati nyeri dan kecemasan saraf, juga dapat menyebabkan mulut kering. Ini salah satu penyebab bau mulut yang paling umum.

Untuk mengatasinya, Anda disarankan menggunakan antiperspirant atau deodoran yang lebih kuat dan berkekuatan klinis, dan usap pada malam hari sebelum tidur. Cara ini membantu menghalangi keringat yang menyebabkan bau sebelum naik di pagi hari.

Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mengganti obat atau menyesuaikan dosis Anda. Sementara itu, American Dental Association menyarankan konsumsi permen karet bebas gula untuk mengurangi mulut kering.

Baca Juga: Tidak Percaya Diri karena Bau Badan? Jenis Makanan Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Gemar Mengonsumsi Makanan Pedas

Gas yang mengandung belerang adalah penyebab bau badan setelah Anda makan makanan tertentu. Makanan yang banyak mengandung bawang putih, kari, atau rempah-rempah lainnya juga akan melepaskan gas-gas ini ketika tubuh Anda memecahnya. Gas-gas bau ini dilepaskan melalui pori-pori Anda, dan akan menjadi penyebab bau badan selama beberapa jam setelah makan.

Untuk menghindari penyebab bau badan semacam ini, cobalah cerdas tentang waktu makan. Jangan makan makanan ini sebelum pertemuan penting atau kencan, namun jika terpaksa mengonsumsi makanan jenis ini, jangan panik! Minumlah banyak air, mandi jika memungkinkan, dan oleskan deodoran-antiperspirant.

Stres Tingkat Tinggi

 

Mengapa stres menjadi penyebab bau badan? Jawabannya mudah, yakni keringat. Berkeringat adalah respons alami terhadap stres, tetapi keringat paling bau terjadi saat Anda stres. Keringat stres berasal dari kelenjar apokrin. Cairan keringat ini tidak berbau hingga bercampur dengan bakteri di kulit Anda, dan menyebabkan bau badan yang menyengat.

Kenakan antiperspirant atau deodoran yang berkekuatan klinis secara rutin sehingga Anda terlindungi saat stres muncul. Selain itu, Anda juga bisa menyiasatinya dengan mencuci pakaian secara teratur demi mengurangi jumlah bakteri yang tersedia untuk memecah keringat kita menjadi produk sampingan yang menyebabkan bau.

Baca Juga: Yang Harus Diperhatikan saat Ingin Beralih ke Deodoran Alami

Mabuk di Malam Hari

Saat tubuh Anda memecah alkohol dan mengalir melalui aliran darah Anda, sebagian keluar dari napas dan keringat Anda. Tubuh akan memperlakukan alkohol seolah-olah beracun. Akibatnya tubuh akan berusaha memecahnya dan mengeluarkannya secepat mungkin.

Kebanyakan alkohol akan dimetabolisme di hati dan dikeluarkan dari tubuh melalui urin. Tetapi jika Anda minum lebih banyak daripada yang dapat diproses hati atau jika hati Anda rusak, beberapa dikeluarkan melalui napas dan keringat. Hal ini menyebabkan bau badan yang lebih busuk. Untuk menghindari bau seperti alkohol, cobalah minum dengan kecepatan lebih lambat, atau bergantian minum segelas air atau minuman non-alkohol lainnya di antara setiap minuman beralkohol.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here