Sebelum Iri dengan Gaji Teman yang Lebih Besar, Pahami Dulu Hal Ini

Iri dengan gaji teman memang kerap dialami siapa pun. Saat melihat kehidupan teman yang lebih mapan dan bisa melakukan banyak hal, kita kadang menjadi minder. Suka membanding-bandingkan gaji dan karier dengan orang lain memang banyak efek negatifnya.

Padahal, gaji besar yang didapat temanmu pasti juga butuh pengorbanan tersendiri. Kamu hanya tidak tahu saja proses yang dia lalui. Sebelum iri dengan gaji teman yang tampak lebih besar, coba pahami dulu kondisi-kondisi ini.

Jangan Asal Iri dengan Gaji Teman karena Kamu Tidak Pernah Tahu Seberapa Besar Usahanya

Ingat, kamu tidak bisa menilai seseorang hanya dari apa yang tampak dari luar saja. Boleh saja temanmu punya lebih banyak dana untuk traveling daripada kamu. Bahkan, kariernya juga cepat naik dan seiring dengan kenaikan gajinya.

Namun, kamu tidak tahu seberapa besar usaha yang sudah dia lalui hingga di titik sekarang. Dia tidak mungkin tiba-tiba menjadi tampak sejahtera tanpa usaha lebih baik. Jadi, coba nilai diri sendiri dulu, apakah upaya yang selama ini kamu lakukan sudah sepadan dengan gaji yang kamu dapatkan?

Bisa Jadi Gaji Besar Temanmu Sebanding dengan Load Kerja yang Tinggi

Orang-orang dengan gaji yang tinggi biasanya identik dengan jam kerja yang tinggi pula. Lemburan yang hampir setiap hari bisa membuat gaji bulanan seseorang ikut naik pula. Load kerja yang gila-gilaan itulah yang kemudian menjadi alasan mengapa gaji temanmu menjadi besar.

Daripada iri dengan gaji teman, coba syukuri kondisimu sekarang. Bisa jadi kamu memang tidak punya penghasilan sementereng temanmu, tetapi kamu lebih punya banyak waktu untuk istirahat. Uang tidak selalu menjadi jaminan hidup seseorang pasti sempurna kok.

Baca Juga: Bergaji Besar tapi Resign, Apa Pemicu Fenomena Ini?

Nggak Perlu Iri dengan Gaji Teman, Semua Orang Punya Porsi Masing-Masing

Bayangkan, sanggupkah kamu mengelola keuangan dengan baik jika diberi gaji sebesar temanmu? Belum tentu loh kamu dapat menggunakan gajimu dengan bijak. Jadi, ingat pula kalau Tuhan sudah memberikan rejeki pada masing-masing orang sesuai porsinya.

Bukan berarti kamu tidak mampu menerima gaji lebih besar, hanya saja mungkin memang belum waktunya. Kalau kamu sungguh-sungguh bekerja, kamu pun akan dipersiapkan Tuhan untuk menerima yang lebih baik kelak. Syukuri dulu apa yang ada dan percayalah nanti ada waktunya kamu bisa memperoleh apa yang didapat temanmu.

Gaji Besar Tidak Menjamin Kebahagiaan Karier Seseorang Loh

Iri dengan gaji teman kadang menjadi sangat tidak beralasan kalau kamu semata-mata hanya menilai kebahagiaan dari uang. Banyak kok orang bergaji besar, tetapi harus kepayahan dalam bekerja. Belum tentu mereka yang memiliki pemasukan besar bisa sepenuhnya berbahagia dengan pekerjaannya.

Renungkan kembali, apa sih tujuan kamu bekerja? Kalau hanya mengejar uang, rasanya kamu tidak akan pernah puas meski bergonta-ganti pekerjaan. Berbahagialah dengan dirimu sendiri dulu agar kamu pun bisa mencintai pekerjaanmu tanpa embel-embel gaji besar.

Semoga kamu tidak lagi mudah iri dengan gaji teman ya. Nilai dari sebuah pekerjaan tidak hanya dari gaji yang didapat semata, melainkan apa yang bisa kamu sumbangkan untuk orang lain lewat pekerjaanmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here