5 Penyebab Demotivasi Bekerja yang Sering Dialami Karyawan

Beberapa karyawan sering sekali merasa jenuh dan tidak bersemangat ketika sudah memasuki usia tahun bekerja cukup lama. Banyak alasan yang kadang disebutkan sebagai penyebab demotivasi bekerja para karyawan. Berikut beberapa di antaranya:

Gaji Tidak Sesuai Bisa Menjadi Penyebab Demotivasi Bekerja

Masalah gaji tampaknya selalu menjadi topik hangat bagi karyawan. Gaji yang kurang sesuai dengan kemampuan, loyalitas, hingga tanggung jawab karyawan sering menjadi penyebab utama menurunnya semangat kerja.

Apalagi bagi karyawan yang merasa sudah mengabdi selama bertahun-tahun. Bisa jadi perusahaan kadang kurang peka untuk memberikan apresiasi bagi para karyawannya. Yang jelas, isu mengenai gaji menjadi masalah nomor satu bagi sebagian besar karyawan.

Hubungan dengan Atasan Kurang Baik

Atasan yang kurang memerhatikan kebutuhan karyawan juga menjadi penyebab demotivasi bekerja. Kebanyakan atasan memang lebih suka membangun hubungan sebatas profesionalitas dengan bawahannya. Ketidakhadiran ikatan kekeluargaan antara atasan dan bawahan kadang membuat hubungan keduanya kurang baik.

Ada pula tipe karyawan yang sejak awal justru sudah banyak perbedaan dengan atasan dan terkesan memaksakan diri tetap bekerja bertahun-tahun di bawah atasan tersebut. Hal ini dapat memperburuk semangat kerja karyawan.

Penyebab Demotivasi Bekerja Bisa Juga Karena Lingkungan Kerja Tak Sehat

Jangan lupakan juga faktor lingkungan kerja. Kondisi kantor yang menyenangkan dapat memberikan aura positif bagi setiap karyawan. Begitu pula sebaliknya, kondisi kantor yang cenderung toxic tentu sangat tidak bisa membuat karyawan betah.

Lingkungan tidak sehat yang kerap ditemui karyawan antara lain penuh dengan orang suka mengeluh, bergosip, hingga malas-malasan bekerja. Tanpa disadari, karyawan yang tidak bisa menoleransi lingkungan tersebut dapat merasakan demotivasi loh.

Baca Juga: Pssst! Sudah Tahu tentang Fenomena Orang dalam di Dunia Kerja?

Kondisi Perusahaan yang Sedang Tidak Stabil

Penyebab demotivasi bekerja juga bisa timbul dari kondisi internal perusahaan yang kurang sehat. Saat perusahaan sedang tidak dalam performa bagus dalam keuangan, imbasnya bisa terkena hingga para karyawan. Apalagi jika dibumbui isu perusahaan terus-menerus merugi.

Oleh sebab itu, penting sekali ada keterbukaan tentang kondisi perusahaan pada karyawan, meski tidak secara gamblang. Dengan begitu, karyawan tidak perlu banyak menerima gosip tidak benar soal kondisi perusahaan. Setidaknya tugas atasan adalah mampu menenangkan bahwa kesulitan perusahaan akan segera lewat.

Penyebab Demotivasi Bekerja Paling Umum: Merasa Pekerjaan Tidak Sesuai Passion

Kadang seoarang karyawan tiba-tiba tidak semangat bekerja karena merasa pekerjaannya tidak sesuai kata hatinya. Sekarang ini banyak sekali anak milenial yang memilih bekerja sesuai passion, padahal ada yang lebih penting daripada sekadar passion.

Sebelum bekerja sesuai passion, seseorang seharusnya bisa mengenal dirinya sendiri terlebih dahulu. Pekerjaan dan lingkungan seperti apa yang tepat untuknya berkembang. Sayangnya, perkara passion ini justru kerap menjadi alasan utama menurunnya semangat seorang karyawan.

Semoga kamu bisa keluar dari penyebab demotivasi bekerja di atas ya. Kala jenuh melanda, cobalah untuk menenangkan diri terlebih dahulu dan pikirkan apa yang menjadi tujuanmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here