Miris! 5 Hal Ini Membuat Fresh Graduate Minder ketika Mencari Kerja

Status fresh graduate tak selalu membuat seseorang merasa berbangga hati. Justru saat ini banyak fresh graduate minder saat mencari kerja karena satu dan lain hal. Rasa minder tersebut harus lekas diatasi agar tidak menimbulkan dampak buruk sejak awal karier.

Biasanya para fresh graduate merasa minder sewaktu mencari kerja karena lima hal berikut ini:

Tidak Memiliki Kemampuan Kerja Memadai

Faktor utama yang membuat fresh graduate tidak percaya diri saat mencari kerja adalah kemampuan pribadi yang tidak memadai. Tak sedikit sarjana muda yang kekurangan bekal untuk memasuki dunia kerja karena pendidikan akademis tidak memberi ilmu konkret yang mencukupi.

Penyebab inilah yang membuat persaingan fresh graduate di dunia kerja jadi kian sulit. Tak jarang pula seorang sarjana harus berjuang berbulan-bulan untuk mendapatkan pekerjaan.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ragam Hobi Menarik Ini Ternyata Bisa Meningkatkan Kemampuan Kerja

Tak Mempunyai Pengalaman Kerja

Hingga saat ini, banyak perusahaan yang ingin mempekerjakan karyawan dengan gaji rendah tetapi punya segudang pengalaman kerja. Kecenderungan tersebut tentu membuat fresh graduate minder karena melamar pekerjaan berbekal CV tanpa pengalaman kerja.

Selain itu, persyaratan berupa pengalaman kerja juga mempersulit fresh graduate untuk lekas memperoleh pekerjaan.

Bertemu Kompetitor yang Lebih Unggul

Fresh graduate biasanya juga akan minder ketika bertemu kompetitor yang lebih unggul. Pesaing yang menempuh jenjang pendidikan lebih tinggi, mahir berbahasa asing, dan berpenampilan menarik sering menyebabkan intimidasi secara tak langsung.

Perasaan minder terhadap kompetitor akhirnya membuat fresh graduate tidak bisa menunjukkan performa terbaik saat tes dan wawancara kerja.

Penampilan yang Kurang Menarik

Ternyata banyak fresh graduate yang minder saat mencari kerja karena faktor penampilan kurang menarik. Meskipun sebenarnya penampilan menarik adalah hal yang bersifat relatif. Untuk memperbesar peluang mendapatkan pekerjaan, kamu hanya perlu berpakaian rapi dan bersih, tampil dengan rambut tertata rapi, serta menunjukkan sikap yang ramah dan supel.

Niscaya standar tersebut akan membuat kamu berpeluang mendapatkan pekerjaan dalam waktu dekat.

Tim Pewawancara Kerja Bersikap Dingin

Rasa minder dalam diri fresh graduate juga akan makin besar bila menghadapi tim pewawancara kerja yang bersikap dingin. Walaupun saat ini sudah banyak tim pewawancara kerja yang bersikap friendly, bukan berarti kamu tidak akan berhadapan dengan mereka yang kolot dan bergaya bossy.

Karakter menyebalkan tersebut harus dihadapi dengan tenang oleh para fresh graduate. Sehingga pikiran yang tenang membuat fresh graduate bisa menunjukkan talenta terbaik ketika melalui proses seleksi karyawan.

Jangan sampai Anda termasuk fresh graduate yang mudah minder saat mencari pekerjaan, ya. Kamu mesti menunjukkan kemampuan terbaik demi mengungguli persaingan dunia kerja yang ketat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here