Gagal Interview Kerap Dialami Fresh Graduate, Berikut Penyebabnya!

Gagal interview menjadi ketakutan tersendiri yang sering dirasakan para fresh graduate. Berulang kali ikut proses interview, tapi hasilnya kadang tidak seperti yang diinginkan. Hal ini kemudian menjadi penyebab beberapa pencari kerja mulai stres selepas lulus kuliah.

Kira-kira kenapa ya banyak fresh graduate yang mengalami gagal interview berkali-kali? Bisa jadi beberapa alasan ini menjadi penyebabnya.

Gagal Interview Kadang Disebabkan oleh Sikap Terlalu Idealis Masalah Gaji

Tidak bisa dipungkiri kalau sebagian besar fresh graduate masih sangat idealis perihal gaji. Dengan pengalaman kerja masih minim, terkadang gaji yang diinginkan terlampau tinggi. Pada akhirnya, mereka memilih menolak tawaran kerja dengan bayaran lebih rendah.

Padahal, semua orang pasti pernah berada di posisi entry level. Gaji yang didapatkan pun tentu tak langsung tinggi, melainkan dari standar terbawah terlebih dahulu. Tentu butuh proses bekerja dan performa kerja yang baik untuk meningkatkan gaji hingga ke level lebih baik.

Attitude yang Ditunjukkan Saat Interview Kurang Baik

Sepintar dan secakap apa pun calon karyawan, semua akan sia-sia kalau tidak diimbangi dengan attitude yang baik. Nah, biasanya HRD paling peka melihat attitude calon karyawan sejak interview. Contoh attitude kurang baik, misalnya datang terlambat tanpa pemberitahuan, berkata dan bersikap tidak sopan, serta terkesan meremehkan proses interview.

Tanpa attitude yang baik, jangan harap bisa bergabung ke dalam suatu tim di perusahaan. Inilah penyebab sebagian fresh graduate sering gagal interview. Coba perhatikan kembali attitude-nya ya!

Baca Juga: Penyebab Stres Melamar Kerja Ini Kerap Dialami Fresh Graduate

Kurang Wawasan dan Pengetahuan Bisa Membuat Fresh Graduate Gagal Interview

Selain kemampuan akademis, beberapa perusahaan kerap menguji calon karyawan dengan pengetahuan umum yang berhubungan dengan pekerjaan. Misalnya, saat seseorang melamar ke perusahaan teknologi, orang tersebut harus paham beberapa isu teknologi yang sedang diperbincangkan.

Seseorang yang kurang memiliki wawasan di luar akademis kadang menjadi catatan tersendiri bagi perusahaan. Bagaimana pun juga, tuntutan perkembangan zaman membuat perusahaan butuh karyawan yang dinamis. Jadi, jangan remehkan soal pengetahuan umum yang kerap jadi perbincangan sehari-hari ya.

Minim Pengalaman Organisasi atau Kegiatan di Luar Kampus

Gagal interview bagi fresh graduate juga disebabkan oleh minimnya pengalaman di luar kegiatan akademis. Suka tidak suka, perusahaan akan lebih suka memperkerjakan seseorang yang sudah terbiasa ikut organisasi atau komunitas. Dari dua hal tersebut kemampuan sosialisasi dan kerja sama seseorang dapat terasah.

Memiliki nilai dan prestasi bagus tidak menjamin seseorang bisa bekerja dalam tim dengan baik. Jadi, pengalaman organisasi atau kegiatan di luar kampus sangat diperlukan untuk menunjang kesiapan diri sebelum bekerja. Ingat, modal IPK semata tidak menjamin seseorang bisa diterima di perusahaan besar.

Jika kamu seorang fresh graduate, semoga kamu bisa mempersiapkan diri untuk interview dengan baik ya. Jangan mudah patah semangat kalau gagal interview dan teruslah mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here